Opini

Pantai Mesra yang Memanja Dan Mempesona

opini

 

 

1.Priyono Basudewo(Dosen Senior Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta)

2.Drs.Sugiyanto (Guru Geografi SMAN 2 Sidoarjo)

Julukan kabupaten Gunung Kidul sebagai daerah gersang, kini terpatahkan . Tuhan telah banyak memberi karunia sejuta pantai indah yang menyertai bentukan batuan gamping yang mendominasi di tanah nenek moyang  Kahyangan tersebut karena tempatnya tinggi yang terdiri dari ribuan gundukan bila dilihat dari kejauhan dan sering orang menyebut Wonosari sebagai ibukotanya Gunung Kidul menjadi Bukit Tinggi. Gunung Kidul kini jadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan dan DIY bisa dikatakan surganya dunia setelah Bali , yang banyak menarik wisatawan sehingga menjadi sumber penghasilan yang tidak sedikit.  Salah satu pantai di Gunung Kidul yang sangat bersih dan excotik adalah pantai Mesra atau pantai Ngrawe, yang merupakan deretan pantai cantik, terletak di jalan pantai kukup, desa Ngepung, kecamatan Kemadang, kabupaten Gunung Kidul,DIY. 

Pergeseran gaya hidup atau perubahan kehidupan dari sektor agraris di tanah kapur menuju sektor pariwisata menjadikan Gunung Kidul banyak didatangi wisatawan baik domestik maupun manca negara sehingga setiap akhir pekan atau hari libur sering terjadi kemacetan yang berkepanjangan, yang dulu  tidak pernah terjadi. Sektor pariwisata ini memacu perkembangan sektor lain seperti sektor transportasi, perdagangan, hotel dan home stay, kuliner dan jasa lain yang berkembang sehingga menjadikan masyarakat Gunung Kidul lebih kreatif untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang endingnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pantai yang tergolong baru ini sering disebut Miami-nya Yogya karena memiliki pemandangan yang khas dan berbagai spot foto untuk diabadikan. Pantai yang di depannya terdapat taman yang asri dengan pasir putih yang menghiasi dan berlanjut dengan pemandangan rumput laut yang hijau seperti karpet dan perpaduan dengan air laut yang biru diselimuti langit biru tak bertepi seperti payung akan menambah nuansa yang beda. Hampir setiap sudut pantai yang kita lihat amat sangat bersih dan tidak ada sampah berserakan menjadikan daya tarik internal pantai semakin terasa. Pantai ini tergolong baru tapi banyak wisatawan terkesima memandangnya, terletak diantara  Baron dan Kukup Gunung Kidul yang sudah tersohor panoramanya sehingga memiliki daya tarik atau potensi eksternal yang menonjol karena obyek wisata lain menyertainya.

Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar seperti umumnya pantai selatan dengan pasir putih yang tersebar dari barat ke timur memanjakan mata. Ombak yang menerjang batu karang justru terlihat khas dan menarik sekaligus menjadi daya penahan wisatawan untuk tetap tinggal di lokasi. Konsep daya tarik dan daya tahan dalam pengembangan pariwisata harus selalu diterapkan agar ekonomi pariwisata berkembang di lokasi obyek wisata. Beberapa sudut pantai dijadikan spot foto yang indah dalam keadaan cuaca yang mendukung dan pengelola pantaipun menyediakan jasa fotografer profesional untuk mengabadikan peristiwa yang bersejarah ini yang biasanya akan menambah kebahagiaan ketika dishare di ruang publik. Dihiasi dengan vegetasi yang rimbun meskipun belum memadai  dan pecahan batu karang kapur yang  menghadang deburan ombak seakan memproteksi wisatawan yang sedang berenang dan bersenang, dari ganasnya ombak pantai selatan. Fenomena tersebut menjadikan potensi daya pikat sekaligus daya tahan wisatawan menjadi berarti. Bongkahan batu gamping hasil abrasi menghias bibir pantai mesra. Munculnya bongkahan batu karang di bibir pantai jadi saksi bisu besarnya ombak di pantai selatan, tempat Nyi Roro Kidul bersemayam jadi cerita fiksi masyarakat berbudaya kelam.Tempat duduk antik ala Batur Klaten memanjakan mereka tuk nikmati ombak samudera . Berbagai kuliner tersedia dengan sajian khasnya ikan laut menjadikan sinergi antara pariwisata dan masyarakatnya untuk tingkatkan peran nyata dan tingkatkan kesejahteraan. Tempat parkirnya yang luas  bagai bak lapangan sepak bola, berbagai gazebo digelar di sana untuk bermanja wisatawan,pramuniaga siap melayani dengan suka cita, pemuas perut dan makanan jiwa karena atraksi ombak di sana. Destinasi wisata pantai mesra jadi tujuan berikutnya,wisata adalah transaksi nyata antara manusia dan alam,yang satu menikmati dan yang lain menyuguhi. Transaksi yang menguntungkan dan humanis jadikan pariwisata  icon Gunung Kidul. Gunung Kidul yang semula gersang menjadi makmur karena kaya wisata pantai yang elok dan excotik ,mengundang wisatawan mendulang uang tak karuan.

 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua