Opini

Sosialisasi dan Penyuluhan Pemanfaatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) oleh Dosen dan Mahasiswa Unsika di Desa Sindangkarya Kabupaten Karawang

Sosialisasi dan Penyuluhan Pemanfaatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) oleh Dosen dan Mahasiswa Unsika di Desa Sindangkarya Kabupaten Karawang

Oleh: Siti Mariyani

 

Dosen dan mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang telah melaksanakan kegiatan  pengabdian kepada masyarakat di desa Sindangkarya Kecamatan Kutawaluya Kabupaten Karawang pada tanggal 25 Mei 2024. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan melalui kegiatan sosialisasi dan penyuluhan pemanfaatan pekarangan pangan lestari (P2L) di desa Sindangkarya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) dilaksanakan oleh dosen Fakultas Pertanian Universitas Singaperbangsa Karawang yaitu Siti Mariyani, S.P., M.Si., Ana Melani, S.Kom.i., M.Sc., Fauzia Mustikasari, M.Agr., M. Rom Ali Fikri, M.Sc dan Dr. Moh. Sam’un.  Selain itu kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa program studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Singaperbangsa Karawang yaitu Saskia Khanaya, Siti Nurhasanah dan M. Fikri Sa'bana. 

 

Desa Sindangkarya memiliki potensi lahan pertanian serta lahan pekarangan rumah yang dapat dimanfaatkan oleh rumah tangga petani. Kegiatan Pengabdiann masyarakat melalui kegiatan sosialisasi dan penyuluhan pemanfaatan pekarangan pangan lestari (P2L) bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan masyarakat desa Sindangkarya dalam memanfaatkan pekarangan pangan lestari untuk ditanami sayuran. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung ketersediaan pangan masyarakat sehingga masyarakat memiliki ketahanan dan kemandirian pangan yang dapat dipenuhi dari hasil pekarangan.  Kegiatan sosialisasi dan penyuluhan pemanfaatan pekarangan pangan lestari dibuka dan disambut oleh kepala dusun Kobak Bali yaitu bapak Sarmin sekaligus membuka acara sosialisasi dan penyuluhan. Pada kegiatan ini juga dihadiri oleh sekretaris Desa Sindangkarya,  ibu-ibu PKK, ibu-ibu rumah tangga tani dan bapak-bapak petani. 

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan disampaikan materi tentang kelembagaan kelompok wanita tani dan manfaat pekarangan pangan lestari. Penyampaian materi ini juga didukung dengan pemberian booklet kepada peserta atau masyarakat yang hadir pada kegiatan pengabdian masyarakat. Hal ini agar masyarakat  mendapatkan informasi dan materi sosialisasi yang lebih jelas dan dapat dipelajari kembali saat tiba di rumah masing-masing.

Setelah disampaikan materi tentang kelompok wanita tani dan pemanfaatan pekarangan pangan, selanjutnya dilakukan praktik penanaman di lokasi demplot untuk percontohan pemanfaatan pekarangan. Dilakukan persiapan lahan demplot oleh bapak-bapak kemudian disiapkan galur untuk penanaman benih sayuran yaitu sawi dan kangkung. Pada kesempatan ini masyarakat atau peserta melakukan praktek langsung dalam penanaman dan pemanfaatan pekarangan pangan lestari menggunakan media tanam polibag sebagai alternatif bagi masyarakat yang lahan pekarangan terbatas. Setelah dilakukan praktik pada lahan demplot dan media tanam polibag diharapkan masyarakat terutama ibu-ibu dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami sayuran sehingga membantu memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga yang pada akhirnya mendukung kemandirian pangan masyarakat Desa Sindangkarya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini didukung dan didanai lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat LPPM Universitas Singaperbangsa Karawang.

Masyarakat Desa Sindangkarya memberikan respon positif terhadap kegiatan pengabdian masyarakat ini. Seperti disampaikan oleh salah satu peserta pada akhir kegiatan “alhamdulilah Terimakasih dengan adanya pelatihan dari Dosen dan mahasiswa kampus Unsika di Desa Sindangkarya semoga dapat berhasil dan bermanfaat bagi kami dan dapat menambah perekonomian masyarakat” (Ibu Karsinah). 

 

Berita Terkait