PASUNDAN EKSPRES- Buat kamu yang sering naik motor matic, ada nih satu komponen penting yang sering disepelein, yaitu V-belt.
Biar motor tetap lincah dan nyaman, V-belt wajib dicek secara rutin, apalagi kalau udah jalan ribuan kilometer.
Idealnya, V-belt harus diganti tiap 20.000 sampai 25.000 km, tapi bisa lebih cepat tergantung cara kamu pakai motor.
Nah, kalau V-belt mulai rusak, motor bakal ngasih kode-kode tertentu. Cek deh tanda-tanda ini:
1. Tarikan Motor Berat
Motor jadi berat waktu ditarik? Ini salah satu tanda V-belt mulai aus.
2. Suara Berisik dari CVT
Tiba-tiba ada suara aneh dari bagian CVT? Hati-hati, itu bisa jadi V-belt yang udah kendur.
3. Akselerasi Lambat
Gas udah pol tapi motor nggak kenceng-kenceng? Itu indikasi kuat V-belt udah perlu diganti.
4. Getaran Aneh Saat Jalan
Ngerasa motor bergetar nggak wajar? Bisa jadi V-belt udah mulai minta perhatian.
Selain jarak tempuh, gaya berkendara kamu juga berpengaruh. Kalau sering lewat jalan macet atau rusak, usia V-belt bisa lebih pendek.
Jadi, jangan lupa rutin cek V-belt waktu servis, ya! Biar motor kamu tetap smooth dan nggak bikin repot pas jalan-jalan.
So, daripada nunggu motor kamu mogok di tengah jalan, mending rawat V-belt biar tetap awet dan performa motor selalu on point!