PASUNDAN EKSPRES- Baru-baru ini, ada video yang viral di media sosial tentang motor baru yang udah ngebul kayak motor lama.
Duh, kok bisa gitu ya? Padahal plat nomornya masih baru, bener-bener fresh from the dealer.
Motor yang dimaksud adalah NMAX Turbo, yang lagi hype banget. Tapi kok malah keluar asap putih? Aneh banget!
Biasanya nih, motor yang ngebul itu karena ada masalah serius, apalagi kalau udah motor empat tak.
Asap putih yang keluar dari knalpot itu bisa jadi indikasi kerusakan di mesin, bro.
Misalnya, kalau silinder atau liner mesin udah aus, oli bisa bocor masuk ke ruang bakar dan terbakar bareng bensin.
Hasilnya, knalpot bakal mengeluarkan asap putih.
Ada juga kemungkinan batang katup bengkok. Kalau ini kejadian, oli mesin bisa merembes ke ruang bakar, dan voila, asap putih pun muncul dari knalpot.
Selain itu, kalau ring piston udah aus, oli juga bisa masuk ke ruang bakar dan bikin asap putih nongol.
Kenapa Motor Baru Bisa Kayak Gini?
Nah, ada beberapa spekulasi kenapa motor NMAX Turbo yang masih baru banget bisa ngebul.
Salah satu penyebab yang mungkin adalah oli yang dipakai terlalu encer. Menurut manualnya, NMAX Turbo harus pakai oli dengan kekentalan 10W-40.
Kalau olinya terlalu encer, mesin bisa cepat panas dan ngebul. Tapi tunggu dulu, kan ini motor baru, dan biasanya kalau beli motor baru, servis dan oli masih gratis dari dealer.
Jadi, kecil kemungkinan olinya nggak sesuai, apalagi sampai kena oli palsu dari dealer. Mustahil, bro!
BBM Gak Sesuai, Mungkin?
Ada juga yang bilang kalau masalahnya ada di bahan bakar yang dipakai. NMAX Turbo disarankan pakai bensin dengan RON 92 biar performanya maksimal.
Tapi, motor baru ini belum lama dipakai, jadi rasanya nggak mungkin kalau udah ada masalah di BBM.
Netizen Spekulasi Cairan Penghitam Knalpot?
Yang paling menarik nih, ada spekulasi dari netizen kalau si pemilik motor pake cairan penghitam knalpot, biar knalpotnya keliatan kinclong.
Tapi, emangnya udah sebegitu bulenya knalpot sampai perlu dihitamin?
Proses Inrayen (Break In) Juga Bisa Jadi Penyebab
Satu hal yang bisa masuk akal nih: si pemilik motor mungkin belum melakukan proses inrayen atau break-in dengan benar.
Inrayen itu penting banget buat motor baru, karena selama masa ini, komponen-komponen mesin masih beradaptasi.
Kalau kita asal ngebut atau menarik gas tiba-tiba, bisa-bisa komponen mesin cepat rusak dan bikin motor ngebul.
Jadi, selama 500 km pertama, pastiin kecepatan motor stabil, jangan terlalu sering narik gas mendadak, dan jangan angkut beban berat.