Sepak Bola

Dua Bek Timnas Indonesia Jadi Biang Kerok Kekalahan dari China

Timnas Indonesia mendominasi penguasaan bola saat kalah dari China. (AFP/-)
Timnas Indonesia mendominasi penguasaan bola saat kalah dari China. (AFP/-)

PASUNDAN EKSPRES - Timnas Indonesia harus menelan kekalahan pertama di Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah kalah 1-2 dari China di Stadion Qingdao, Selasa (15/10). Kekalahan ini terjadi karena dua kesalahan fatal dari dua pemain bertahan, Shayne Pattynama dan Mees Hilgers.

Sejak awal pertandingan, Indonesia bertekad meraih tiga poin. Namun, harapan tersebut pupus setelah China berhasil mencetak dua gol yang berawal dari kesalahan Shayne dan Hilgers. Gol pertama China terjadi di menit ke-21 akibat blunder Shayne Pattynama. Shayne mencoba membiarkan bola keluar di kotak penalti, tetapi bola berhasil dicuri Jiang Shenglong, yang kemudian memberikan umpan kepada Behram Abduweli untuk mencetak gol via tendangan first time. Gol ini bisa dihindari jika Shayne memilih untuk mengamankan bola.

Kesalahan kedua terjadi ketika Mees Hilgers gagal mengantisipasi pergerakan Zhang Yuning di menit akhir babak pertama. Hilgers terlambat mengawal Yuning yang menerima umpan terobosan dari Gao Zhunyi, sehingga Yuning dengan mudah menaklukkan kiper Maarten Paes dalam situasi satu lawan satu.

Hilgers sebenarnya tampil cukup solid sepanjang babak pertama, tetapi kesalahan ini menjadi krusial dan berdampak besar bagi hasil akhir pertandingan. Pelatih Shin Tae Yong akhirnya menarik keluar Hilgers, Shayne, dan Witan Sulaeman di awal babak kedua. Khusus untuk Hilgers, Shin mengonfirmasi bahwa pemain tersebut mengalami cedera pergelangan kaki.

Di babak kedua, Shin Tae Yong memasukkan Rizky Ridho, Thom Haye, dan Marselino Ferdinan untuk meningkatkan agresivitas tim. Pergantian ini membuat Indonesia tampil lebih menyerang, dan hasilnya terlihat ketika Thom Haye mencetak gol balasan di menit ke-86 melalui tembakan mendatar.

Meski demikian, satu gol itu belum cukup untuk menyelamatkan Indonesia dari kekalahan. Ini menjadi kekalahan pertama Indonesia di Grup C setelah sebelumnya berhasil menahan imbang Arab Saudi (1-1), Australia (0-0), dan Bahrain (2-2). Dengan hasil ini, Indonesia masih berada di posisi kelima klasemen dengan tiga poin, unggul selisih gol dari China yang berada di dasar klasemen.

Indonesia harus segera bangkit dan mempersiapkan diri untuk laga berikutnya agar bisa mempertahankan peluang lolos ke babak berikutnya.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua