Tekno

Emulator PS1 Membuat Gebrakan di App Store iPhone

Emulator PS1 iPhone
Emulator PS1 iPhone masuk App Store. (screenshot @apps.apple.com)

PasundanEkspres - Setelah Apple membuka keran bagi emulator, beragam emulator mulai membanjiri Apple App Store. Kini, setelah emulator Nintendo, popularitas emulator PlayStation 1 (PS1) pun melejit di App Store.

Dikenal dengan nama Gamma, emulator PS1 ini mengikuti jejak emulator Nintendo yang diberi nama Delta. Nama mereka sama-sama terinspirasi dari alfabet Yunani kuno, meskipun keduanya dikembangkan oleh pengembang yang berbeda.

Gamma, yang dikembangkan oleh ZodTTD, seorang pengembang veteran sejak iPhone pertama diluncurkan, hadir dalam dua versi untuk iPhone dan iPad.

Kedua versi ini mendukung penggunaan kontroler dan keyboard nirkabel, serta menyediakan opsi pengontrolan melalui tombol-tombol yang dapat disesuaikan di layar. Namun, pengguna mungkin akan lebih nyaman menggunakan kontroler eksternal.

Aplikasi ini juga menyediakan opsi sinkronisasi save game melalui Google Drive dan Dropbox, serta otomatis mengambil artwork cover game dari internet. Namun, tentu saja pengguna harus menyediakan ROM game-nya sendiri dengan mengkonversi game dari CD ke format yang dapat dikenali oleh emulator.

Dalam daftar aplikasi hiburan gratis di App Store, Delta menduduki peringkat kedua tertinggi, sementara Gamma berada di peringkat keenam, seperti dilansir oleh PasundanEkspres dari Engadget pada Kamis (16/5/2024).

Sebelumnya, Delta dikembangkan oleh Riley Testut dan telah tersedia di luar App Store. Testut, yang juga merupakan pengembang emulator open-source GBA4iOS yang kemudian berevolusi menjadi Delta, kini telah mendapatkan persetujuan dari Apple untuk merilis emulator tersebut di App Store.

Delta merupakan emulator all-in-one yang mendukung berbagai sistem game, termasuk Nintendo Entertainment System, Super Nintendo Entertainment System, Nintendo 64, Nintendo DS, Game Boy, dan Game Boy Advance. Delta juga berencana untuk mendukung lebih banyak platform di masa mendatang.

Meskipun Delta bukanlah emulator pertama yang tersedia di App Store, sebelumnya ada iGBA yang pada akhirnya terbukti merupakan versi tiruan dari GBA4iOS buatan Testut. Namun, iGBA kemudian dihapus dari App Store karena melanggar aturan spam dan hak cipta.

Selain itu, ada juga emulator NES bernama Bimmy yang juga tidak bertahan lama di App Store karena pengembangnya khawatir akan tindakan hukum dari Nintendo yang semakin tegas terhadap emulator belakangan ini.

Berita Terkait