Tekno

Waspada Penipuan CS Palsu di Medsos, Ini Tips Menghindarinya!

cara menghindari penipuan cs palsu
Takut kena penipuan CS palsu begini cara menghindarinya. (ilustrasi Freepik @Racool_studio)

PasundanEkspres - #AwasJebakanBadman! Modus penipuan di internet semakin marak terjadi, termasuk melalui media sosial. Salah satu modus yang sering dilakukan oleh oknum penipu adalah penipuan berkedok Customer Service (CS) palsu.

Salah satu modus yang sering terjadi adalah penipuan CS palsu yang menyalahgunakan nama dompet digital DANA. Dalam aksinya, oknum tidak bertanggung jawab ini sering berpura-pura menawarkan bantuan untuk menyelesaikan masalah transaksi di DANA.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut tips-tips dari DANA:

1. Monitor

Agar terhindar dari modus CS palsu, penting untuk memonitor atau mengecek langsung keaslian akun atau tautan yang menghubungi dan mengaku dari DANA. Jika CS mencurigakan tersebut meminta data pribadi seperti PIN, Kode OTP, dan lainnya, jangan pernah memberikannya. Pasalnya, CS DANA yang asli tidak akan pernah meminta data pribadi ini.

2. Konfirmasi

Setelah memonitor, lakukan konfirmasi ulang akun/nomor/link yang mencurigakan melalui fitur keamanan DANA Protection yang tersedia di aplikasi DANA. Dengan begini, pengguna bisa semakin yakin apakah yang menghubungi tersebut benar dari CS asli DANA atau tidak.

3. Lapor

Jika masih menemukan aktivitas mencurigakan, segera laporkan melalui fitur Laporkan via Aduan Nomor yang ada di halaman DANA Protection. Nantinya, pengguna akan langsung terhubung dengan layanan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Selain ketiga tips di atas, perlu diingat bahwa DANA hanya melayani keluhan dan aduan melalui DIANA di aplikasi DANA, email help@dana.id, serta call center DANA 1500 445. CS DANA juga sudah tidak melayani keluhan via WhatsApp, jadi berhati-hati jika ada yang mengaku dari CS DANA dan menghubungi melalui WhatsApp.

Perlu diingat juga, CS DANA tidak akan menghubungi pengguna jika tidak membuat dan mengirim laporan apa pun ke CS DANA.

Itulah cara sederhana menghindari Jebakan Badman berkedok CS palsu yang bisa merugikan. Jangan lupa akses informasi melalui platform resmi DANA Indonesia di website dana.id, serta media sosial resmi DANA di Facebook, Twitter, dan Instagram @dana.id dan manfaatkan layanan DIANA di aplikasi DANA atau e-mail help@dana.id agar terhindar dari modus pihak tak bertanggung jawab.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua