Tekno

Oppo Gandeng Google sama MediaTek Buat Garap Fitur AI

Oppo gandeng Google dan MediaTek
Oppo gandeng Google dan MediaTek untuk garap AI. (screenshot @grand-indonesia.com)

PasundanEkspres - Oppo tidak ingin tertinggal dalam tren kecerdasan buatan (AI) generatif. Perusahaan teknologi asal China ini bekerja sama dengan sejumlah raksasa teknologi lainnya untuk menyematkan fitur AI di perangkat mereka.

General Manager AI Product Oppo, Nicole Zhang, mengungkapkan bahwa AI generatif sebenarnya bukan sesuatu yang baru bagi Oppo. Ia menyebutkan bahwa Oppo sudah mulai mengeksplorasi pengembangan large language model (LLM) sejak tahun 2020 dan telah mengalokasikan sumber daya yang signifikan untuk riset serta pengembangan.

Namun, Oppo tidak bekerja sendirian. Baru-baru ini, Oppo mengumumkan kolaborasinya dengan Google untuk mengintegrasikan model AI Gemini di ponsel terbarunya. Dengan adanya kerja sama ini, ponsel terbaru Oppo seperti seri Reno 12 dan Find X akan dilengkapi dengan fitur AI seperti AI Writer dan AI Toolbox.

Oppo juga bekerja sama dengan MediaTek untuk meningkatkan efisiensi penyimpanan dan komputasi chip di ponsel flagship Oppo yang akan datang. Oppo sendiri sudah berhasil mengompres large language model (LLM) dengan 7 miliar parameter dari ukuran 28 GB menjadi 3,5 GB untuk meningkatkan performa AI on-device di ponsel mereka.

"Optimalisasi ini memungkinkan kami untuk menjadi salah satu vendor ponsel yang menerapkan large language model dengan 7 miliar parameter on-device, dan pengguna kami bisa menikmati AI Eraser serta fitur AI Summary di perangkat tanpa memerlukan koneksi internet," jelas Nicole Zhang.

Oppo juga berkolaborasi dengan Microsoft untuk menyediakan pengalaman konversi suara dan teks yang lebih efisien, akurat, dan alami, serta meningkatkan konektivitas antara desktop dan ponsel AI. Fitur ini akan tersedia di ponsel Oppo generasi berikutnya.

Saat ini, Oppo telah merilis beberapa fitur bertenaga AI, termasuk AI Eraser. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghilangkan objek yang tidak diinginkan dari foto secara otomatis hanya dengan menandainya.

Zhang mengatakan fitur AI Eraser yang ditawarkan Oppo berbeda dari vendor lainnya karena mampu mendeteksi lebih dari 120 kategori objek, termasuk manusia, hewan, gedung, pohon, dan lain-lain, sehingga objek bisa dihilangkan dengan lebih bersih dan digantikan dengan latar belakang yang tampak seamless. Fitur ini sudah digunakan rata-rata 15 kali per hari.

Fitur AI Eraser telah mulai diluncurkan untuk ponsel Oppo Reno 11 Pro, Reno 11, Reno 11 F, Find N3, dan Find N3 Flip. Ke depannya, Oppo juga akan mengembangkan fitur berbasis AI generatif lainnya untuk memudahkan pengeditan foto dan membuat konten untuk media sosial dengan sistem multimodal.

"AI Eraser bisa menghapus dan menciptakan gambar dengan area yang lebih besar. AI Eraser hanyalah salah satu contoh bagaimana AI generatif bisa membuka kreativitas ke tingkat selanjutnya," tutup Zhang.

Berita Terkait