Tekno

Bagaimana Cara Kerja Panel Surya? Mengubah Energi Matahari Menjadi Listrik

Bagaimana Cara Kerja Panel Surya? Mengubah Energi Matahari Menjadi Listrik
(dok.pexels.com/Pixabay)

PASUNDAN EKSPRES - Keberadaan panel Surya akhir-akhir ini banyak dicari tahu cara kerja dan kugunaannya oleh masyarakat. Fyi, panel Surya yang dipasang di rumah ternyata dapat engubah energi matahari menjadi listrik, lho. 

Bukan hanya itu saja, pemasangan panel surya juga membantu menghemat biaya listrik dan mengurangi emisi karbon, memanfaatkan energi matahari yang melimpah dan terbarukan. 

Dilansir sunenergy.id, dengan teknologi canggih dan solusi terintegrasi, energi surya adalah pilihan tepat untuk masa depan yang lebih hemat, mandiri, dan ramah lingkungan.

BACA JUGA:Daftar Harga Jam Tangan G-Shock Terbaru 2024

Kebutuhan akan energi terbarukan semakin meningkat

Beberapa dekade terakhir, kebutuhan akan energi terbarukan semakin meningkat, terutama karena kekhawatiran terhadap perubahan iklim dan ketersediaan sumber daya energi fosil yang semakin menipis. 

Termasuk kesadaran dari para konsumen untuk mengkonsumsi barang atau produk yang lebih ramah lingkungan. Oleh karena itu, salah satu energi terbarukan yang kini semakin populer adalah panel surya. 

BACA JUGA:Spesifikasi Jam Tangan Casio Protrek Triple Sensor: Jam Tangan yang Cocok Untuk Para Petualang

Cara Kerja Panel Surya

Panel surya bekerja dengan mengubah energi matahari menjadi energi listrik melalui proses yang dikenal sebagai efek fotovoltaik. Sel-sel fotovoltaik yang terbuat dari bahan semikonduktor, biasanya silikon, menyerap foton dari sinar matahari. 

Saat foton ini mengenai sel surya, mereka akan melepaskan elektron dari atom-atom di dalam semikonduktor tersebut, menciptakan aliran listrik. Arus listrik ini kemudian dikumpulkan dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan listrik sehari-hari.

BACA JUGA:Cara Mudah Nonton Live Streaming Bola Gratis di Laptop dan Komputer 2024

Dalam aplikasi praktis, panel surya yang kita lihat di atap-atap rumah atau gedung terdiri dari banyak sel surya yang bekerja bersama-sama untuk menghasilkan daya yang cukup untuk digunakan.

Panel surya atau photovoltaic (PV) mengubah energi matahari menjadi listrik, menyediakan sumber energi yang ramah lingkungan dan tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca selama pengoperasian. 

Teknologi ini menjadi pilihan yang semakin penting bagi masyarakat global dalam upaya mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua