Tekno

WhatsApp Siapkan Fitur Transkrip Voice Note di Android

Transkrip voice note Whatsapp
Whatsapp menyiapkan fitur transkrip voice note untuk Android. (screenshot @wabetainfo.com)

PasudanEkspres - Lebih dari setahun setelah debutnya di versi iOS, WhatsApp akhirnya akan meluncurkan fitur yang sudah lama dinantikan oleh pengguna Android, yakni kemampuan transkrip pesan suara.

Dilansir PasundanEkspres dari Android Police, fitur ini telah diluncurkan ke semua pengguna versi beta dan sudah mendukung dalam lima bahasa. Berdasarkan laporan dari WABetaInfo, fitur ini tersedia untuk beberapa pengguna di WhatsApp versi beta 2.24.15.5.

Bagi pengguna yang terdaftar dalam program beta WhatsApp dan telah menerima fitur tersebut, fitur ini dapat diaktifkan dengan membuka opsi Obrolan di pengaturan aplikasi.

Setelah fitur ini diaktifkan, WhatsApp akan meminta untuk mengunduh paket data bahasa untuk mulai menyalin pesan suara, karena fitur ini mengandalkan pengenalan suara perangkat pengguna untuk menyediakan transkrip terenkripsi end-to-end.

Fitur ini kemudian akan secara otomatis menyalin pesan suara, dan transkripnya akan muncul dalam bahasa yang dipilih dalam gelembung pesan suara.

Seperti yang ditunjukkan dalam gambar, fitur ini saat ini mendukung transkripsi pesan suara dalam bahasa Inggris, Spanyol, Portugis (Brasil), Rusia, dan Hindi. Hal ini menunjukkan bahwa WhatsApp mungkin awalnya akan merilis fitur tersebut untuk pengguna Android di wilayah di mana bahasa-bahasa ini digunakan secara luas.

Namun, mengingat versi iOS mendukung lebih banyak bahasa, ada kemungkinan fitur ini akan tersedia di lebih banyak negara di masa mendatang. WhatsApp belum mengungkapkan detail lebih lanjut tentang peluncurannya, tetapi diharapkan fitur ini akan segera tersedia di versi resmi WhatsApp dalam beberapa minggu ke depan.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua