Tekno

WhatsApp Akan Dukung Autoplay Untuk Gambar Animasi Bergerak

fitur autoplay Whatsapp
Whatsapp bakal dukung fitur autoplay buat gambar animasi bergerak. (screenshot @wabetainfo.com)

PasundanEkspres - WhatsApp akan meningkatkan layanannya menjadi lebih interaktif dan ekspresif dengan menghadirkan fitur baru bernama Autoplay Animation yang saat ini masih dalam tahap pengembangan di versi beta.

Dengan adanya fitur ini, pengguna yang menerima atau mengirim pesan berupa animasi seperti stiker, emoji, hingga avatar akan melihat animasi tersebut diputar secara otomatis dalam obrolan.

Seperti diketahui, saat ini setiap kali pengguna mengirim atau menerima pesan animasi, mereka harus mengklik untuk memutar terlebih dahulu untuk melihat gambar animasi bergerak, sehingga terasa kurang praktis.

Dilansir dari PasundanEkspres melalui Android Police, berdasarkan laporan dari WABetaInfo, fitur Autoplay Animation ini sudah tersedia bagi beberapa pengguna di WhatsApp Android versi beta 2.24.11.4.

Layanan milik Meta ini telah meluncurkan opsi baru untuk memutar animasi secara otomatis di Pengaturan > Obrolan > Pengaturan Obrolan. Di sini, pengguna akan menemukan opsi bernama 'Autoplay animated images' yang ketika diaktifkan, secara otomatis membuat emoji, stiker, dan avatar bergerak di dalam obrolan setelah pengguna mengirim atau menerimanya.

Tombol pengaturan baru ini juga dapat membantu mereka yang lebih suka menggunakan aplikasi dengan animasi dan gangguan minimal, dengan menawarkan pengaturan satu ketukan untuk mematikan pemutaran otomatis.

Perlu diingat, fitur ini tidak berlaku untuk gambar dengan format GIF. Meski demikian, tombol putar otomatis ini bisa menjadi sangat penting mengingat WhatsApp berencana untuk meluncurkan emoji animasi dalam pembaruan mendatang.

Untuk saat ini, kedua fitur tersebut belum tersedia bagi pengguna yang memperbarui aplikasi dari Play Store, jadi kita mungkin perlu menunggu kapan fitur-fitur ini akan dihadirkan di WhatsApp reguler.

Berita Terkait