Tekno

Krisis Prosesor Intel, Masalah Voltase di Generasi 13 & 14

Krisis Prosesor Intel
Masalah voltase prosesor Intel Gen 13 dan 14. (screenshot @intel.co.id)

PasundanEkspres - Intel telah mengonfirmasi akan merilis perbaikan untuk prosesor Core generasi 13 dan 14 yang mengalami masalah. Namun, jika prosesor tersebut telah menyebabkan kerusakan sistem, maka perbaikan tersebut tidak akan berguna lagi.

Perbaikan ini dijadwalkan untuk dirilis pada pertengahan Agustus mendatang. Tujuannya adalah untuk memperbaiki masalah peningkatan voltase pada prosesor yang menyebabkan sistem menjadi rusak.

Sayangnya, prosesor yang sudah menyebabkan kerusakan sistem tidak dapat diperbaiki dengan perbaikan ini karena kerusakannya sudah permanen. Informasi ini dilaporkan oleh Tom's Hardware yang mengutip sumber anonim. Ketika dikonfirmasi, Intel tidak menyangkal laporan tersebut.

Intel meyakini bahwa perbaikan ini nantinya akan mencegah terjadinya kerusakan sistem. Namun, jika kerusakan sudah terjadi, pilihan terbaik adalah mengganti prosesor tersebut.

Intel juga menyebutkan bahwa peningkatan voltase bukan satu-satunya penyebab kerusakan sistem. Juru bicara Intel, Thomas Hannaford, memastikan bahwa itu adalah penyebab utama, namun manajer komunitas Intel, Lex Hoyos, mengungkapkan bahwa ada penyebab lain, yaitu masalah oksidasi saat perakitan CPU, yang juga menyebabkan ketidakstabilan.

Menariknya, Intel tidak menghentikan penjualan atau menarik kembali inventaris prosesor mereka. Mereka juga, untuk saat ini, tidak melakukan recall atau menarik kembali prosesor yang sudah terjual.

Bahkan, hingga saat ini, Intel belum mengubah kebijakan garansi atau memperpanjang garansi prosesor yang bermasalah tersebut, seperti yang dikutip oleh PasundanEkspres dari The Verge pada Senin (29/8/2024).

Intel yakin bahwa konsumen tidak perlu khawatir tentang masalah yang tidak terlihat ini. Menurut mereka, jika konsumen prosesor yang bermasalah ini tidak mengalami kerusakan sistem, perbaikan yang akan dirilis tersebut akan menjadi solusi yang efektif.

Untungnya, Intel telah mengonfirmasi bahwa prosesor yang mungkin terdampak oleh masalah ini adalah prosesor desktop generasi 13 dan 14 yang mengonsumsi daya mulai dari 65W ke atas, sehingga bukan hanya prosesor kelas atas seperti i9 yang berpotensi bermasalah.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua