Tekno

Apple Pengen Gandeng Google Gemini Buat Hadirkan Fitur AI di iPhone

AI iPhone
Apple siap gandeng Google Gemini buat fitur AI iPhone. Foto: screenshot Gemini era @deepmind.google

PASUNDAN EKSPRES - Apple tengah berupaya keras mengembangkan kecerdasan buatan (AI) guna meningkatkan kecerdasan iPhone. Kabarnya, Apple berencana berkolaborasi dengan Google untuk memperkenalkan fitur AI di iPhone.

Menurut laporan dari Bloomberg, Apple sedang melakukan pembicaraan dengan Google untuk menggunakan model AI Gemini. Keduanya sedang aktif bernegosiasi terkait penggunaan Gemini dalam memperkuat sejumlah fitur AI yang akan dihadirkan dalam iOS 18.

Rencana ini menunjukkan bahwa Apple dan Google masih dalam proses kesepakatan terkait berbagai aspek, termasuk ketentuan kerjasama, branding, dan implementasi kerjasama tersebut. Selain Google, Apple juga sedang menjajaki kemungkinan kerjasama serupa dengan OpenAI, yang merupakan perusahaan di balik ChatGPT.

Sebagai informasi, Apple dan Google memiliki sejarah kerjasama yang panjang, seperti kerjasama dalam menjadikan Google sebagai mesin pencari default di browser Safari untuk iPhone, dengan nilai kerjasama mencapai miliaran dolar.

Meskipun Apple telah mengembangkan model AI internal yang dikenal dengan nama Ajax, laporan Bloomberg menyebutkan bahwa model AI Apple ini akan mendukung beberapa fitur di iOS 18. Namun, Apple masih ingin mencari mitra eksternal untuk menyediakan solusi AI berbasis cloud, termasuk untuk fungsi AI generatif seperti pembuatan gambar dari teks dan bantuan dalam menulis esai.

Selain Ajax, Apple juga memiliki chatbot AI sederhana yang dikenal sebagai AppleGPT, yang telah digunakan oleh sejumlah karyawan. Namun, kemungkinan Apple masih membutuhkan bantuan eksternal mengingat keterbatasan yang dimiliki oleh chatbot ini dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Model AI Gemini, yang telah digunakan dalam beberapa ponsel untuk mendukung fitur AI, baru-baru ini diimplementasikan oleh Google dalam beberapa fitur AI di seri Galaxy S24 milik Samsung. Tak lama setelah itu, Google juga meluncurkan fitur AI di sejumlah ponsel Pixel.

Meskipun masih sedikit informasi yang diketahui tentang inisiatif AI untuk iOS 18 dan iPhone, diperkirakan Apple akan mengumumkan kolaborasi ini dan memperkenalkan iOS 18 dalam acara WWDC 2024 yang biasanya diadakan pada bulan Juni.

Berita Terkait