Tekno

Instagram Mau Ganti Tampilan Grid Profil Jadi Vertikal, Pengguna Langsung Protes!

Instagram akan Ganti Tampilan Grid Profil
Instagram akan ganti tampilan Grid profil jadi vertikal pengguna protes. (ilustrasi Freepik)

PasundanEkspres - Instagram sedang melakukan uji coba tampilan baru untuk grid foto dan video di profil pengguna. Grid yang sebelumnya berbentuk persegi kini akan diubah menjadi persegi panjang dengan orientasi vertikal.

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Kepala Instagram, Adam Mosseri. Melalui unggahan di Instagram Story baru-baru ini, Mosseri menjelaskan bahwa grid persegi yang digunakan saat ini awalnya dirancang ketika Instagram hanya mengizinkan pengguna untuk mengunggah foto dalam bentuk persegi.

Namun, batasan tersebut telah dihapus pada tahun 2015, dan Mosseri mengungkapkan bahwa saat ini mayoritas konten yang diunggah ke Instagram memiliki orientasi vertikal.

"Kebanyakan konten yang diunggah ke Instagram saat ini bersifat vertikal," ujar Mosseri dalam unggahannya di Instagram Story, seperti yang dikutip dari The Verge pada Rabu (21/8/2024).

"Ukuran konten bervariasi antara 4 x 3 untuk foto atau 9 x 16 untuk video, dan memotongnya menjadi bentuk persegi adalah tindakan yang cukup brutal," lanjutnya.

Tampilan grid baru di profil ini sebenarnya serupa dengan tampilan grid yang ada pada tab video atau Reels. Perbedaannya, bukan hanya video yang akan ditampilkan dalam bentuk vertikal, melainkan juga foto.

Berdasarkan unggahan lama dari reverse engineer Alessandro Paluzzi, Instagram sudah mulai menguji coba tampilan persegi panjang untuk grid profil sejak tahun 2022. Namun, fitur ini baru mulai diuji coba secara lebih luas pada tahun ini.

Sejumlah pengguna Instagram melaporkan bahwa mereka telah melihat grid baru ini di profil mereka. Juru bicara Instagram, Christine Pai, mengonfirmasi bahwa grid vertikal ini telah diuji coba dengan melibatkan sebagian kecil pengguna.

"Ini adalah uji coba terbatas, dan kami akan mendengarkan umpan balik dari komunitas sebelum menggulirkannya secara lebih luas," kata Pai.

Beberapa pengguna Instagram yang telah mencoba grid baru ini mengeluhkan tampilan yang membuat susunan foto di profil mereka menjadi kacau. Mosseri juga mengakui bahwa pengguna mungkin merasa tidak puas dengan perubahan ini, namun ia bertekad untuk membuat tampilan Instagram lebih sesuai dengan jenis konten yang ada saat ini.

"Saya paham ini mungkin mengecewakan bagi sebagian dari kalian yang telah menghabiskan banyak waktu untuk menyusun dan memastikan semuanya terlihat rapi, namun saya benar-benar ingin membuat perubahan yang lebih sesuai dengan konten yang ada saat ini," ungkap Mosseri.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua