Tekno

Meta Ubah Tanda Label AI Setelah Diprotes Fotografer

Meta ubah tanda label AI
Meta mengubah tanda label AI setelah mendapatkan protes dari fotografer. (screenshot @about.fb.com)

PasundanEkspres - Meta memperkenalkan fitur label 'Made with AI' untuk menandai foto yang dihasilkan oleh teknologi kecerdasan buatan. Namun, langkah ini mendapat protes dari banyak fotografer karena label tersebut digunakan pada foto asli.

Akibat protes tersebut, Meta memutuskan untuk memperbarui label tersebut. Meta menyatakan bahwa mereka akan mengubah kata-kata menjadi 'Info AI' karena label yang ada saat ini tidak selalu sesuai dengan ekspektasi dan tidak selalu memberikan konteks yang cukup.

Meta memperkenalkan label "Made with AI" pada awal tahun ini setelah menerima kritik dari Oversight Board terkait kebijakan media yang dimanipulasi. Meta menyebut bahwa, seperti banyak perusahaan lainnya, mereka akan mengandalkan sinyal standar industri untuk menentukan kapan AI generatif digunakan dalam pembuatan gambar.

Namun, para fotografer segera menyadari bahwa Facebook dan Instagram menerapkan label tersebut pada gambar yang sebenarnya tidak dibuat dengan AI. Pengujian yang dilakukan oleh PetaPixel menunjukkan bahwa foto yang diedit dengan alat pengisian generatif Adobe di Photoshop akan memicu label tersebut meskipun pengeditannya hanya pada bagian kecil.

Meskipun Meta tidak menyebutkan Photoshop secara khusus, perusahaan tersebut menyatakan dalam pembaruannya bahwa beberapa konten dengan modifikasi kecil menggunakan AI, seperti alat retouching, menyertakan indikator standar industri yang memicu label "Made with AI".

"Kami bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan di seluruh industri untuk meningkatkan proses sehingga pendekatan pelabelan kami lebih sesuai dengan tujuan kami. Kami memperbarui label 'Dibuat dengan AI' menjadi 'Info AI' di seluruh aplikasi kami. Label ini dapat diklik oleh pengguna untuk mendapatkan informasi lebih lanjut," kata Meta seperti dikutip PasundanEkspres dari Engadget.

Namun, label "Info AI" yang baru ini tidak akan menyertakan rincian tentang alat AI apa yang mungkin telah digunakan untuk gambar tersebut. Juru bicara Meta mengonfirmasi bahwa menu kontekstual yang muncul ketika pengguna mengetuk lencana akan tetap sama. Menu tersebut berisi deskripsi umum tentang AI generatif dan mencatat bahwa Meta dapat menambahkan pemberitahuan ketika orang berbagi konten yang memiliki sinyal AI yang dapat dibaca oleh sistem.

Berita Terkait