Tekno

Instagram Akan Nonaktifkan Fitur Flipside, Padahal Masih Uji Coba

Instagram Hapus Fitur Flipside
Instagram Hapus Fitur Flipside. (ilustrasi Freepik)

PasundanEkspres - Instagram tiba-tiba mengumumkan rencana untuk menonaktifkan fitur Flipside, meskipun baru-baru ini sedang diuji coba secara terbuka di beberapa negara, termasuk Indonesia, pada awal tahun ini.

Pengumuman tersebut disampaikan secara langsung oleh Instagram melalui notifikasi yang dikirimkan kepada pengguna. Dalam pengumuman tersebut, Instagram menyatakan bahwa fitur Flipside tidak akan lagi tersedia setelah 24 Mei 2024.

Alasan di balik keputusan Instagram untuk menonaktifkan fitur yang bahkan belum dirilis secara global belum diketahui. Uji coba fitur ini baru mulai dikenal pada pertengahan Desember 2023, yang berarti fitur Flipside belum berumur enam bulan.

Fitur Flipside memungkinkan pengguna Instagram untuk memiliki profil rahasia tanpa harus membuat akun baru. Pengguna bahkan dapat menggunakan nama, bio, dan foto profil yang berbeda dari profil utama Instagram mereka.

Flipside adalah respons terhadap tren 'finsta' atau fake Instagram yang populer di Amerika Serikat. Istilah ini mengacu pada akun Instagram rahasia di mana pengguna memposting konten sehari-harinya yang mungkin tidak cocok dengan estetika akun utama mereka.

Meskipun bersifat rahasia, pengguna dapat menambahkan akun lain untuk mengakses profil Flipside mereka. Ini berarti konten postingan, Reels, atau Story yang diunggah ke profil Flipside hanya dapat dilihat oleh pengguna dan orang-orang tertentu.

Tentu saja, pertanyaannya adalah apa yang akan terjadi dengan konten yang telah diunggah pengguna ke profil Flipside mereka? Instagram menyatakan bahwa konten postingan dan story yang diunggah ke Flipside akan disimpan dalam arsip pengguna.

"Hanya Anda yang dapat melihatnya, kecuali jika Anda memilih untuk membagikannya," kata Instagram dalam pengumumannya, seperti dikutip oleh PasundanEkspres pada Selasa (30/4/2024).

Pengguna juga memiliki opsi untuk mengunduh postingan Flipside mereka ke perangkat mereka melalui Accounts Center atau Pusat Akun. Instagram memberikan batas waktu hingga 25 Agustus 2024 bagi pengguna yang ingin mengunduh konten Flipside mereka.

Meskipun fitur Flipside akan dinonaktifkan, ini tidak berarti fitur tersebut akan dihapus sepenuhnya. Kemungkinan Meta akan menghidupkan kembali fitur ini di masa depan dengan nama dan bentuk yang berbeda.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua