Tekno

WhatsApp Business Luncurkan 3 Fitur Baru untuk UKM, Termasuk Centang Biru

Fitur baru Whatsapp Business
Whatsapp Business luncurkan 3 fitur baru untuk tingkatkan UKM. (screenshot @blog.whatsapp.com)

PasundanEkspres - WhatsApp Business baru saja meluncurkan tiga fitur baru yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha di Indonesia, salah satunya adalah Verifikasi Meta yang memungkinkan usaha kecil dan menengah (UKM) untuk mendapatkan centang biru di platform WhatsApp.

Pieter Lydian, Country Director Meta di Indonesia, menyampaikan bahwa fitur-fitur baru ini diperkenalkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna WhatsApp di Indonesia yang aktif berkomunikasi dengan bisnis melalui pesan.

Menurut survei terbaru dari BCG dan Meta, hampir 90% pengguna internet dewasa di Indonesia mengirimkan pesan kepada bisnis setidaknya sekali dalam seminggu, angka yang jauh melampaui rata-rata global sebesar 79,4%. Percakapan ini mencakup interaksi awal, diskusi, hingga transaksi pembelian.

"Mengingat 87% konsumen Indonesia lebih memilih perpesanan sebagai cara utama untuk berkomunikasi dengan bisnis, sangat penting bagi para pelaku bisnis untuk memanfaatkan platform perpesanan dalam berinteraksi dengan konsumen modern. Kami memahami betapa pentingnya WhatsApp dalam kehidupan sehari-hari dan akan terus mendukung bisnis untuk meraih kesuksesan dengan WhatsApp," ujar Pieter dalam pernyataan resminya pada Jumat, 23 Agustus 2024.

Fitur pertama yang diperkenalkan WhatsApp adalah Verifikasi Meta. Setelah diumumkan secara global pada bulan Juni lalu, Verifikasi Meta kini resmi hadir di Indonesia melalui aplikasi WhatsApp Business.

UKM yang memenuhi syarat dapat berlangganan Verifikasi Meta untuk mendapatkan centang biru sebagai tanda verifikasi yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Centang biru ini akan ditampilkan di halaman WhatsApp Channel dan akun WhatsApp Business milik UKM, sehingga memudahkan untuk dibagikan di media sosial dan situs web. Bisnis yang menggunakan Verifikasi Meta juga akan mendapatkan dukungan akun tingkat lanjut serta akses multi-perangkat untuk karyawan mereka.

Fitur kedua adalah panggilan dalam chat dengan bisnis besar. WhatsApp sedang menguji fitur yang memungkinkan pelanggan untuk menghubungi bisnis secara langsung melalui panggilan telepon via WhatsApp, sehingga komunikasi tidak hanya terbatas pada pesan teks.

Fitur ini dapat diaktifkan melalui WhatsApp Business Platform, dan WhatsApp berencana untuk memperluas fitur ini ke lebih banyak bisnis dalam waktu dekat.

Terakhir, ada fitur Meta AI untuk WhatsApp Business. Mengikuti tren teknologi, WhatsApp mulai mengimplementasikan teknologi AI untuk membantu bisnis meningkatkan kualitas dan kecepatan layanan kepada pelanggan.

Teknologi ini memungkinkan bisnis untuk membuat iklan tanpa biaya tambahan. Namun, saat ini fitur Meta AI untuk WhatsApp Business belum tersedia di Indonesia.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua