Tekno

Awas Jejak Digital Burukmu Dibongkar Netizen! Begini Cara Menghapus Twit Lama di X dengan Mudah

Awas Jejak Digital Burukmu Dibongkar Netizen! Begini Cara Menghapus Twit Lama di X dengan Mudah
Cara Menghapus Twit Lama di X dengan Mudah (Foto:Freepik)

PASUNDAN EKSPRES - Ada berbagai cara yang bisa dilakukan pengguna X (Twitter) apabila ingin menghapus twit lama yang pernah diposting di X, berikut simak caranya.

Baru-baru ini, media sosial X diramaikan dengan twit lama bakal calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil yang menyindir warga Jakarta di masa lalu.

Sejumlah netizen pun kembali membahas twit lama Ridwan Kamil itu di media sosial X. Pasalnya, twit lama itu kini menjadi 'boomerang' bagi mantan Wali Kota Bandung itu.

Sebagai informasi, Ridwan Kamil maju dalam Pilkada 2024 dengan mencalonkan sebagai Calon Gubernur Jakarta yang berpasangan dengan Suswono sebagai calon wakil gubernur.

Oleh karena itu, bagi masyarakat yang aktif menggunakan media sosial perlu bijak dan berhati-hati dalam menyampaikan pesan atau pendapat di berbagai media sosial seperti X, Facebook dan Instagram.

Pengguna X perlu hati-hati apabila pernah menulis twit yang kurang pantas seperti ujaran kebencian, stereotipe, SARA dll di masa lalu.

Hal ini bisa menuai keresahan pengguna lainnya serta membuat reputasi Anda buruk di masa kini gara-gara twit lama yang kurang bijak ditulis.

Apalagi netizen kini sering menggali jejak digital seseorang di masa lalu hanya melalui media sosialnya.

Oleh karena itu, salah satu cara mudah untuk menghilangkan 'jejak digital buruk' di media sosial adalah dengan menghapus twit lama di X.

Berikut cara menghapus twit lama di X dengan mudah.

Cara Menghapus Twit Lama di X (Twitter)
- Buka aplikasi X di handphone pengguna
- Masukkan username dan password akun pengguna
- Buka halaman "Profil"
- Klik menu "Posts" di Tab X
- Cari twit lama yang ingin dihapus dengan cara menggulir layar ke bawah hingga twit lama yang dimaksud ditemukan
- Untuk memudahkan dalam mencari twit, pengguna bisa memanfaatkan fitur pencarian untuk mencari twit lama, dengan cara klik icon kaca pembesar dan kolom pencarian akan terbuka. Dalam kolom itu, ketik kata kunci yang pernah Anda tulis di twit yang memang ingin dihapus. Kemudian, X akan menampilkan sejumlah twit yang berkaitan dengan kata kunci yang Anda ketik.
- Klik icon titik tiga di sebelah kanan lalu pilih opsi "Delete Post".
- Terakhir, klik opsi "Delete" untuk mengonfirmasi tindakan tersebut dan twit lama Anda berhasil dihapus. (inm)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua