Tekno

Samsung Luncurkan Bespoke AI, Buat Perangkat Rumah Jadi Makin Canggih!

Samsung Bespoke AI
Samsung merilis Bespoke AI yang buat perangkat rumah makin canggih. (screenshot @samsung.com)

PASUNDAN EKSPRES - Samsung telah meluncurkan Bespoke AI setelah sebelumnya menghadirkan Galaxy AI pada perangkat smartphone, membawa kemajuan yang signifikan dalam pengembangan perangkat rumah pintar.

Peluncuran Bespoke AI diadakan secara serentak di tiga kota besar, yakni Seoul, Paris, dan New York, dengan mengusung tema "Welcome to Bespoke AI". Acara ini menampilkan 14 perangkat home appliances baru yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan.

Di antara perangkat-perangkat tersebut, terdapat Bespoke French Door Refrigerator dengan AI Family Hub+, Bespoke Infinite Induction Line, Bespoke AI Laundry Combo, Bespoke Jet Bot Combo AI, serta Bespoke Jet AI. Tak ketinggalan, ada juga Bespoke Cube Air Infinite Line, kulkas 4-Pintu 2024 terbaru yang dilengkapi dengan teknologi peltier, dan beragam inovasi lainnya.

Jong-Hee Han, Vice Chairman, CEO, dan Head of Device eXperience (DX) Division Samsung Electronics, mengungkapkan, "Sejak perkenalan pertama Bespoke pada tahun 2019, Samsung Electronics telah menunjukkan bagaimana perangkat elektronik dapat disesuaikan dengan rumah dan gaya hidup penggunanya."

"Dalam lima tahun terakhir, kami terus mengembangkan visi AI kami untuk lebih banyak produk Bespoke, dengan konektivitas yang lebih kuat dan kemampuan AI yang lebih canggih, demi memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik," tambahnya.

Samsung kini melengkapi perangkat Bespoke dengan fitur-fitur canggih, seperti Wi-Fi built-in, kamera internal, chip AI, dan integrasi dengan aplikasi SmartThings untuk memperkuat konektivitas dalam membangun fondasi rumah pintar yang sebenarnya. Fitur baru seperti AI Home dan layar LCD 7 inci menghadirkan akses dan kontrol yang intuitif atas seluruh ekosistem perangkat yang terhubung.

AI Home membawa fitur-fitur seperti 3D Map View yang memungkinkan pengguna menavigasi dan mengontrol perangkat-perangkat yang terhubung dengan mudah. Misalnya, ketika pengguna sedang memasak di dapur, mereka dapat menyalakan AC di ruangan lain melalui AI Home di induction range tanpa meninggalkan area memasak.

Selain itu, pengguna dapat mengendalikan perangkat-perangkat lainnya, seperti robot vacuum cleaner, melalui AI Home yang terhubung dengan mesin cuci. Pengguna juga dapat menjawab panggilan telepon yang masuk langsung melalui AI Home saat mereka sedang sibuk dengan pekerjaan rumah tangga.

Samsung menekankan bahwa AI Home tidak hanya membuat tugas rumah tangga menjadi lebih mudah, tetapi juga lebih menyenangkan dengan menyediakan hiburan seperti mendengarkan musik, menonton video, atau melihat resep saat memasak.

Dengan semakin luasnya penggunaan smartphone, Samsung menambahkan fitur baru bernama Mobile Smart Connect yang memberi peringatan ke smartphone pengguna ketika berada di dekat perangkat rumah yang terhubung. Fitur ini memungkinkan pengguna mengakses fungsi utama perangkat langsung dari smartphone mereka, menghilangkan kebutuhan akan remote control.

Selain itu, Samsung memperkenalkan fitur baru bernama 'Calm Onboarding' yang menyederhanakan proses registrasi produk untuk pengguna. Fitur ini secara otomatis mendaftarkan produk yang dibeli dengan akun Samsung, sehingga pengguna tidak perlu repot-repot melakukan registrasi manual.

Samsung juga menegaskan komitmen mereka terhadap keamanan data pengguna dengan menyoroti platform keamanan Knox yang komprehensif. Produk seperti 4-Door French Door Refrigerator dengan AI Family Hub menjadi yang pertama yang mendapatkan verifikasi level 'Diamond' untuk keamanan IoT-nya oleh UL Solutions, perusahaan keamanan global terkemuka.

Berita Terkait