Tekno

Final Cut Pro Versi Terbaru Telah Rilis di Mac & iPad, Ini Fitur dan Harga Lengkapnya

Final Cut Pro
Final Cut Pro rilis versi terbaru untuk Mac dan iPad. (screenshot @apple.com)

PasundanEKspres - Apple baru saja meluncurkan versi terbaru dari Final Cut Pro untuk perangkat Mac dan iPad. Kedua aplikasi ini kini dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang didukung oleh kecerdasan buatan, yang membuat alur kerja menjadi lebih efisien.

"Final Cut Pro untuk iPad semakin handal, mengubah cara kerja produksi bagi kreator dengan menjadikan iPad sebagai pusat editing, memungkinkan mereka untuk mengedit dan berbagi lebih cepat dari sebelumnya, baik di studio maupun saat bepergian. Final Cut Pro untuk Mac juga terus meningkatkan efisiensi editor dengan fitur-fitur baru yang lebih cerdas dan cepat," kata Brent Chiu-Watson, Senior Director of Apps Worldwide Product Marketing Apple.

Final Cut Pro untuk iPad 2

Aplikasi ini dioptimalkan untuk iPad Pro terbaru dengan chip Apple M4. Final Cut Pro untuk iPad 2 dapat melakukan render video hingga dua kali lebih cepat dan mendukung hingga empat kali lebih banyak stream ProRes RAW dibandingkan dengan M1.

Dengan fitur baru Live Multicam, pengguna dapat menghubungkan dan melihat pratinjau hingga empat kamera secara nirkabel dalam satu layar. Menggunakan kombinasi perangkat iPhone dan iPad, pengguna dapat melihat tampilan sutradara dari masing-masing kamera dan mengontrol preferensinya secara manual melalui aplikasi baru Final Cut Camera.

Final Cut Camera mendukung Live Multicam dan juga berfungsi sebagai aplikasi perekam video mandiri di iPhone dan iPad, dengan kemampuan untuk menyesuaikan pengaturan seperti fokus manual, kecepatan rana, ISO, dan lainnya.

Di Final Cut Pro untuk iPad 2, pengguna dapat melakukan pengeditan dengan 12 preset gradasi warna baru, memilih dari delapan judul teks dasar, menambahkan scoring dengan 20 soundtrack baru, dan menambahkan latar belakang dinamis tambahan untuk membuat efek dan urutan judul.

Yang juga menarik, Final Cut Pro untuk iPad 2 sekarang mendukung proyek eksternal, memungkinkan pengguna untuk membuat atau membuka proyek pada perangkat penyimpanan eksternal dan mengimpor media tanpa menghabiskan ruang di iPad.

Final Cut Pro untuk iPad 2 juga mendukung Apple Pencil Pro terbaru, memanfaatkan gerakan memutar batang pensil (barrel roll) untuk kontrol lebih presisi pada fitur Live Drawing, serta gerakan menekan untuk cepat menarik berbagai kuas dan pengaturan.

Final Cut Pro untuk Mac 10.8

Memanfaatkan kekuatan Neural Engine di Apple silicon, Final Cut Pro untuk Mac 10.8 menambahkan fitur AI untuk kustomisasi video yang cepat dan pengaturan ulang visual yang lebih mudah. Ada juga fitur Cahaya dan Warna serta Smooth Slo-Mo yang baru.

Fitur Cahaya dan Warna secara otomatis menyesuaikan video untuk koreksi warna, sementara Smooth Slo-Mo dengan cerdas memadukan bingkai video untuk menghasilkan gerakan berkualitas tinggi.

Selain itu, alat organisasi yang baru meningkatkan efisiensi alur kerja pascaproduksi, termasuk nama khusus untuk koreksi warna dan efek video di pemeriksa; kemampuan untuk mencari dan menavigasi ke klip dengan media atau efek yang hilang di indeks timeline; serta pencarian timeline berbasis teks dengan informasi seperti reel, adegan, sudut kamera, dan banyak lagi.

Final Cut Pro untuk iPad 2 dan Final Cut Pro untuk Mac 10.8 kini tersedia sebagai pembaruan gratis bagi pengguna saat ini. Untuk pengguna baru, Final Cut Pro untuk iPad 2 tersedia di App Store dengan harga Rp 79.000 per bulan atau Rp 790.000 per tahun, sedangkan Final Cut Pro untuk Mac 10.8 tersedia di App Store Mac dengan harga Rp 4.999.000.

Berita Terkait