Tekno

Manusia Diramalkan Bakal Hidup Abadi Pakai Nanobot!

Ray Kurzweil ramalkan manusia akan abadi pakai nanobot di tahun 2030
Ray Kurzweil ramalkan manusia akan abadi pakai nanobot di tahun 2030. (ilustrasi freepik @user6702303)

PasundanEkspres - Ray Kurzweil, mantan Engineer Google dan futuris terkenal, telah meramalkan sesuatu yang cukup menarik. Ia mengatakan bahwa manusia akan mencapai keabadian pada tahun 2030 dengan bantuan nanorobot atau nanobot.

Kurzweil, yang saat ini berusia 75 tahun, dianugerahi Medali Teknologi Nasional pada tahun 1999 dan dimasukkan ke dalam Hall of Fame Penemu Nasional pada tahun 2022. Selama beberapa dekade terakhir, ia telah membuat sejumlah prediksi akurat, termasuk ramalan bahwa komputer akan mengalahkan manusia dalam permainan catur pada tahun 2000.

Prediksi bahwa manusia akan mencapai keabadian pada tahun 2030 pertama kali disebutkan dalam buku Kurzweil tahun 2005, "The Singularity Is Near," di mana ia menjelaskan bahwa kemajuan dan perluasan genetika, robotika, dan teknologi nano saat ini bisa memungkinkan nanorobot berjalan melewati pembuluh darah kita dalam waktu dekat.

Dilansir PasundanEkspres dari Ubergizmo, Selasa (16/7/2024), menurut Kurzweil, dalam waktu kurang dari satu dekade, manusia juga akan menciptakan teknologi untuk mengembalikan penuaan dan penyakit dengan robot mikroskopis yang dikirim untuk memperbaiki tubuh kita pada tingkat sel.

Pernyataan Kurzweil baru-baru ini muncul kembali dalam serial YouTube oleh vlogger teknologi Adagio. Kurzweil pun mengklaim bahwa nanoteknologi bakal memungkinkan manusia untuk makan apa pun yang diinginkan sambil tetap kurus dan berenergi.

Ia menetapkan tahun 2045 sebagai Singularitas, yaitu ketika manusia akan melipatgandakan kecerdasan efektif mereka satu miliar kali lipat dengan menggabungkan diri dengan AI yang telah mereka ciptakan. Selain itu, ia pun memprediksi bahwa AI bakal lulus tes Alan Turing yang valid dan mencapai tingkat kecerdasan manusia di tahun 2029.

Meskipun prediksi ini mungkin tampak mengada-ada bagi sebagian orang, banyak dari klaim Kurzweil sebelumnya telah menjadi kenyataan, termasuk prediksinya bahwa konsumen akan dapat mendesain pakaian mereka sendiri dengan ukuran dan gaya yang tepat dari komputer di rumah pada tahun 1999. Ia juga meramalkan bahwa orang-orang akan menggunakan komputer portabel dalam berbagai ukuran dan bentuk pada tahun 2009.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua