Daerah

Dinkes Purwakarta Dapat Penghargaan dari Jawa Barat, Terkait Pengukuran Intervensi Pencegahan Stunting 100%

Dinkes Purwakarta
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta dr. Deni Darmawan saat menerima penghargaan dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.(Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta melalui Dinas Kesehatan meraih penghargaan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

Penghargaan tersebut diberikan atas komitmen dan dedikasi dalam pelaksanaan pengukuran intervensi serentak pencegahan stunting yang berhasil mencapai 100 persen sasaran di Kabupaten Purwakarta.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Vini Adiani Dewi kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta dr. Deni Darmawan.

Prosesi penyerahan tersebut dilakukan pada Pertemuan Koordinasi dan Pembinaan Implementasi Germas Tingkat Kabupaten/Kota yang digelar di Garut pada Selasa, 9 Juli 2024 lalu.

"Alhamdulillah, diterimanya penghargaan atas capaian 100 persen pada pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting ini sebagai gerakan bersama yang melibatkan semua pihak terkait," kata Deni saat dikonfirmasi, Kamis (11/7).

Dirinya menjelaskan, pelaksanaan pengukuran intervensi serentak pencegahan stunting merupakan upaya kejar target untuk mempercepat penurunan stunting pada tahun ini.

Menurutnya, dengan upaya ini bisa mencegah stunting baru lebih maksimal dan mendapatkan data yang lebih baik. "Pelaksanaan pengukuran intervensi serentak pencegahan stunting di Purwakarta dilakukan pada Januari - Juni 2024 dengan sasaran 71.583 balita," ujarnya.

Deni menambahkan, pelaksanaan pengukuran intervensi serentak pencegahan stunting diantaranya melakukan pemeriksaan fisik penimbangan dan pengukuran tinggi badan balita.

"Capaian pengukuran intervensi serentak pencegahan stunting ini bisa terwujud berkat adanya bimbingan dan pembinaan yang dilakukan bapak Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan yang sangat peduli terhadap seluruh aspek pelayanan kesehatan di Kabupaten Purwakarta," ucap Denni.

Keberhasilan ini juga, sambungnya, berkat kegigihan tim gizi dan kepala puskesmas. "Termasuk, jajaran di 20 puskesmas yang ada di Kabupaten Purwakarta," katanya.

Untuk diketahui, selain meraih penghargaan pada Pertemuan Koordinasi dan Pembinaan Implementasi Germas Tingkat Kabupaten/Kota tersebut juga dilaksanakan pelantikan Ketua Umum Asosiasi Dinas Kesehatan (Adinkes) Provinsi Jawa Barat periode 2024-2028 yang dijabat olehnya.(add)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua