Daerah

Kelurahan Dangdeur Serap Usulan Warga, Paling Banyak Soal Infrasktruktur Jalan

MUHAMMAD FAISHAL/ PASUNDAN EKSPRES SERAP ASPIRASI: Kelurahan Dangdeur melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2024, Selasa (23/1).

SUBANG-Kelurahan Dangdeur melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2024, Selasa (23/1). Tema yang diangkat yakni Peningkatan Daya Saing Daerah serta Pemenuhan Pelayanan Dasar untuk Percepatan Pertumbuhan Ekonomi.

Musrenbang Kelurahan adalah suatu forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan yang diadakan di tingkat kelurahan dalam rangka merencanakan pembangunan yang akan dilakukan pada tahun berikutnya. 

Lurah Dangdeur Kecamatan Subang Irfan Imamul Haqiqi mengatakan, dalam Musrenbang ini pihak kelurahan hanya sebatas mengakomodir usulan-usulan dari warga yang berada di wilayah tersebut. 

Ia mengatakan, untuk merealisasikan usulan-usulan tersebut ada beberapa tahapan yang harus dilewati sampai ke tingkat kabupaten. 

"Karena ada beberapa tahap seperti sekarang di kelurahan. Nanti selanjutnya di kecamatan akan mengakomodir usulan-usulan dari delapan kelurahan ke tingkat kabupaten," ujarnya.

Terdapat beberapa usulan yang dilontarkan oleh warga kepada kelurahan. Salah satu yang paling banyak diusulkan adalah soal fisik terkhusus peningkatan jalan. 

"Paling banyak yang diusulkan adalah fisik, salah satunya peningkatan jalan. Karena seperti yang kita ketahui tiga sampai 4 tahun ke belakang terdapat pandemi Covid-19, jadi anggaran untuk fisik baik untuk jalan maupun lainnya dialihkan untuk kesehatan sebab itu hal yang paling prioritas saat itu," ucapnya. 

Maka dari itu, Irfan berharap agar usulan tersebut dapat terpenuhi di tahun 2024 karena hal tersebut merupakan fasilitas masyarakat sehingga dapat dilalui dengan lancar. 

"Di Dangdeur sendiri masih belum bagus (akses jalan), meskipun Alhamdulillah ada pemeliharaan oleh PUPR. Untuk peningkatan jalan pada saat itu masih belum bisa dilakukan maka dari itu pemeliharaan dilakukan dengan cara menambal jalan yang berlubang," ucapnya. 

Meskipun demikian, ia berkomitmen untuk terus memperjuangkan usulan tersebut demi kenyamanan bersama dengan langkah awal lewat Musrenbang tersebut. 

"Mudah-mudahan saya bisa ikut perwakilan ditingkat Kabupaten supaya bisa mengusahakan khususnya untuk Kelurahan Dangdeur sendiri," ucapnya.(fsh/yrf/ysp) 

Berita Terkait