Daerah

Puskesmas di Subang Buka 24 Jam Selama Libur Lebaran, 280 Tenaga Kesehatan Disiagakan

Puskesmas di Subang
CINDY DESITA PUTRI/PASUNDAN EKSPRES IKUT BERPERAN: Kadinkes Subang, dr. Maxi menjelaskan mengenai peran tenaga kesehatan selama libur lebaran.

SUBANG-Dinas Kesehatan Kabupaten Subang mendukung Operasi Ketupat Lodaya yang dilaksanakan oleh kepolisian. Dinkes menginstruksikan seluruh Puskesmas pada libur Lebaran kali ini untuk buka 24 jam, mulai tanggal 4 sampai 16 April 2024. 

“Hal ini untuk mengantisipasi dokter-dokter yang praktek mandiri, bidan praktek, perawat yang pulang kampung. Jadi masyarakat yang membutuhkan pengobatan bisa berobat ke Puskesmas,” terang Dinkes Subang, dr. Maxi kepada Pasundan Ekspres.

Jadi, kata Maxi, ada 40 posko statis yang ada di 40 Puskesmas. Kemudian ada 10 pos pelayanan yang didirikan menyatu dengan pos PAM Kepolisian, Dinas Perhubungan, maupun Satpol PP.

Posko kesehatan tersebut dipetakan mulai dari jalur Subang Selatan, tepatnya di area wisata Astro Highland Resort, Sari Ater, D’Castello. 

Kemudian, pada jalur mudik lebaran posko kesehatan berada di Rest Area KM 86 A dan B, Rest Area 101 A dan B, serta Rest Are 102 A dan B.

“Untuk wilayah Pantura ada di Sukamandi Ciasem, Perempatan Fly Over Pamanukan, dan Pagaden,” kata dr. Maxi kepada Pasundan Ekspres.

Selain itu, Dinkes juga menambah 1 tim mobile dari yang bisa memantau dan memonitoring kebutuhan pelayanan apa bila terjadi hal-hal darurat di satu titik. 

“Jadi tim mobile yang akan bergerak mengoordinasikan semua pos yang ada, dan kami mengerahkan 280 orang tenaga kesehatan di luar Puskesmas statis,” jelasnya. 

Sebelum menempuh perjalanan mudik, Maxi memberikan tips agar pemudik memeriksa dahulu kesehatannya. Khusus bagi pemudik yang sudah memiliki derita penyakit perisapkanlah serta  obat-obatan khusus.

“Pada saat melakukan perjalanan juga tetap menjaga kesehatan dan berhati-hati dalan berkendara. Apabila mengeluhkan sakit saat diperjalanan, singgahlah di Puskesmas terdekat atau di pos pelayanan kesehatan di sepanjang perjalanan karena akan kami layani dengan gratis,” pungkasnya.(cdp/ysp)

Berita Terkait