Daerah

Sospro Hima PSTI UPI Purwakarta Berkontribusi Positif di Desa Sumurugul

Sospro Hima PSTI
Mahasiswa yang tergabung ke dalam Hima PSTI UPI Purwakarta saat melaksanakan kegiatan Sospro di Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta.(Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Mahasiswa yang tergabung ke dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi (Hima PSTI) UPI Purwakarta melaksanakan kegiatan Sosial Projek (Sospro) selama dua hari di Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, belum lama ini.

Ketua Pelaksana Sospro Aura Salsabillah Rahmatya mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan kontribusi positif dalam bidang pendidikan dan teknologi kepada masyarakat desa setempat.

"Di hari pertama, mahasiswa mengajar siswa kelas 2 dan kelas 6 SDN Sumurugul. Siswa kelas 2 mendapatkan pelajaran dasar membaca dan berhitung dengan metode interaktif yang menarik," kata Aura kepada koran ini saat dikonfirmasi, Rabu (24/7). 

Para siswa kelas 2 ini, sambungnya, diajak mengenal huruf, mengeja kata, membaca kalimat sederhana, serta belajar penjumlahan dan pengurangan melalui permainan edukatif. 

"Sementara itu, siswa kelas 6 diajarkan penggunaan gadget secara bijak dan cara membuat animasi dari gambar. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan literasi digital dan kreativitas siswa," ujar Aura.

Pada hari kedua, kata Aura, mahasiswa melanjutkan kegiatan dengan memasang lampu jalan di lima lokasi yang minim penerangan. "Lampu yang dipasang menggunakan teknologi solar panel, memanfaatkan energi matahari. Adapun upaya penerangan ini untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan lingkungan desa," ucapnya.

Selain itu, lanjut Aura, kegiatan sospro iuga dimeriahkan dengan berbagai lomba yang melibatkan anak-anak desa dan panitia. Lomba-lomba tersebut dirancang untuk meningkatkan keakraban dan semangat kebersamaan di antara warga desa.

"Kegiatan ini diakhiri dengan sosialisasi tentang pentingnya pendidikan dan pengelolaan sampah yang baik. Sosialisasi ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan dalam meningkatkan kualitas hidup dan menjaga kebersihan lingkungan," kata Aura.

Dirinya pun berharap melalui kegiatan sospro ini, pihaknya bisa memberikan dampak positif dan memotivasi para siswa di SDN Sumurugul untuk terus semangat belajar dan mengembangkan diri.

"Kegiatan sospro ini tidak hanya memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Desa Sumurugul, tetapi juga mempererat hubungan antara mahasiswa dan warga desa," ujar Aura. 

Semangat gotong royong dan kepedulian terhadap sesama yang ditunjukkan oleh mahasiswa Hima PSTI, kata dia, diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk turut serta berkontribusi dalam pembangunan masyarakat. 

"Dengan berakhirnya kegiatan ini, mahasiswa Hima PSTI berharap dapat terus melanjutkan program-program sosial yang bermanfaat di masa mendatang, serta menjadikan pengalaman ini sebagai pembelajaran berharga dalam menjalani kehidupan bermasyarakat," ucapnya.

Sementara itu Kepala SDN Sumurugul, Iyan Sudiyana, mengapresiasi inisiatif Hima PSTI dan berharap kegiatan serupa dapat terus berlanjut. "Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari siswa dan guru. Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa Hima PSTI atas ilmu yang diberikan. Ini sangat bermanfaat bagi siswa kami," katanya.(add/ded)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua