Daerah

Polisi Sigap Bantu Pemudik, Evakuasi Balita Sakit hingga Kehabisan BBM

Evakuasi Balita Sakit
DOK POLRES PURWAKARTA EVAKUASI BALITA: Personel Pospam Tol Cipali Km 77 saat melakukan evakuasi terhadap balita yang mengalami sakit.

PURWAKARTA-Fungsi polisi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat benar-benar ditunjukkan oleh personel Polres Purwakarta pada saat melakukan pengamanan jalur mudik maupun balik libur Idulfitri 1445 H.

Betapa tidak, selain menjaga arus lalulintas tetap lancar, aman dan nyaman, personel Polres Purwakarta juga sigap ketika ada masyarakat, khususnya pemudik yang membutuhkan bantuan.

Seperti yang ditunjukkan personel Polres Purwakarta yang berjaga Pos Pengamanan (Pospam) Tol Cipali Km 77, tepatnya di wilayah Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta pada Minggu 14 April 2024.

Kejadian bermula ketika para petugas Pospam Km 77 Tol Cipali itu mengatur lalulintas saat arus balik sedang padat. Saat itu, ada seorang perempuan berteriak meminta tolong kepada petugas. Khawatir terjadi hal buruk, petugas pun segera mencari tahu dan menghampiri sumber suara.

Ketika dicek, ternyata teriakan itu berasal dari seorang pemudik di dalam sebuah mobil yang meminta tolong kepada petugas karena anak balitanya sedang sakit. Pemudik itu memohon kepada petugas untuk segera diantar ke rumah sakit terdekat. 

Selanjutnya, petugas Pospam Km 77 Tol Cipali yang dipimpin AKP Darmaji dengan sigap langsung melakukan evakuasi anak balita tersebut ke rumah sakit terdekat. 

Diketahui, satu keluarga pemudik itu adalah Adi Raharjo (34) dan Rini (33) serta anaknya Nikolas (5) yang melakukan perjalanan dari Yogyakarta menuju Tangerang, Banten. 

Adi pun mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polres Purwakarta yang telah membantu mengevakuasi anaknya yang sedang sakit ke rumah sakit terdekat. "Saya mengucapkan terima kasih kepada Polres Purwakarta yang telah membantu keluarga saya yang terjebak kemacetan di Tol Cipali ke rumah sakit Bhakti Husada Purwakarta. Alhamdulillah anak saya yang mengalami sakit sudah mendapatkan perawatan medis dan kini kondisinya sudah membaik," kata Adi. 

Kejadian kedua, di hari yang sama namun tempat yang berbeda, personel Satuan Lalulintas (Satlantas)  Polres Purwakarta membantu pemudik yang kehabisan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Tol Cipali Km 72 arah Jakarta. "Petugas kami yang sedang melakukan pengaturan lalulintas di ruas Tol Cipali Km 72 langsung bergegas membantu pemudik yang kehabisan BBM," ujar Kasatlantas, AKP Dadang Supriadi yang membenarkan aksi tersebut. 

Kronologinya, kata dia, pada saat personel sedang melaksanakan pengamanan arus balik di Tol Cipali Km 72, ada kendaraan jenis minibus yang menepi ke bahu jalan. "Melihat hal tersebut, personel kami langsung menghampiri dan menanyakan kenapa pengendara menepi. Ternyata, kendaraan tersebut kehabisan BBM," ucap Dadang.

Mengetahui mobil tersebut kehabisan BBM, lanjut Dadang, personelnya dengan menggunakan sepeda motor bergegas membonceng pengemudi mobil tersebut untuk mencari BBM di SPBU terdekat 

Dikonfirmasi terkait dua hal tersebut, Kapolres Purwakarta AKBP Edwar Zulkarnain menyebutkan, pada momen mudik lebaran 2024, jajaran Polres Purwakarta terus melakukan pelayanan maksimal kepada masyarakat. "Aksi cepat tanggap merupakan bagian dari tugas pokok para personel yang bertugas mengamankan jalannya kelancaran arus mudik lebaran 2024. Polisi dituntut harus sigap melayani jalannya arus mudik maupun balik lebaran," kata Edwar, Selasa (16/4).

Menurutnya, polisi yang bertugas mengamankan jalannya arus mudik dan balik Lebaran 2024, tidak hanya bertugas mengatur lalulintas tapi harus sigap dengan masalah yang dialami pemudik. "Jika ada kendaraan pemudik yang mogok atau bocor ban hingga yang mengalami sakit, polisi yang bertugas harus sigap membantu masalah yang dialami pemudik. Pasalnya, Polisi bukanlah profesi, melainkan sebuah janji untuk melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat," ujarnya.(add/sep)

 

Berita Terkait