Daerah

Lazuardi Festival 2024, dari Seminar Parenting hingga Unjuk Talenta Siswa

Lazuardi Festival 2024
ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES FOTO BERSAMA: Jajaran Direktur, Kepala Sekolah dan Guru Lazuardi Ideal GCS Purwakarta berfoto bersama tim Lazuardi Orkestra, narasumber seminar parenting dan para tetamu undangan yang hadir.

PURWAKARTA-Lazuardi Ideal Global Compassionate School (GCS) Purwakarta kembali menggelar Lazuardi Festival 2024 yang dimulai pada 27 April hingga 4 Mei 2024 mendatang.

Digelar di Kampus Lazuardi Ideal GCS, Jl. Taman Pahlawan No. 33, Purwakarta, ada dua ajang utama yang digelar dalam rangkaian kegiatan Lazuardi Festival 2024 ini.

Pertama, Lazuardi Open House berupa seminar parenting dengan tema Quality Time With Parents yang menghadirkan dua pembicara. Yakni, dr. Andreas Lukita H, Sp.M., dokter spesialis mata dari RS Siloam Purwakarta dan Sulistiyo Ridho, S.Pd.I, yang merupakan praktisi dan konsultan pendidikan. "Penggunaan Gawai dan Pengaruhnya bagi Kesehatan Anak" menjadi tema materi yang disampaikan dr. Andreas. Sementara Sulistiyo mengangkat tema "Gen Z Tuh Maunya Kaya Gini". Seminar tersebut diikuti oleh puluhan orang tua siswa dari berbagai sekolah di Purwakarta.

Adapun ajang kedua ialah Lazta Fiesta yang merupakan ajang unjuk talenta persembahan Lazuardi Ideal GCS yang bisa diikuti oleh seluruh siswa tingkat PAUD, TK, SD hingga SMP se-Kabupaten Purwakarta.

Tahun ini, Lazta Fiesta mengangkat tema "Strike to The Sky" yang menghadirkan aneka lomba. Di antaranya, lomba mewarnai (PAUD/TK), futsal (SD), cerdas cermat (SD), spelling bee (SD), dacil (SD), olimpiade (SMP) dan basket (SMP).

Keseluruhan lomba bisa diikuti secara gratis, kecuali futsal yang dikenakan biaya pendaftaran per tim. Adapun para pemenang akan mendapatkan piala, sertifikat dan uang pembinaan.

Kepala Lazuardi Ideal GCS Angga Mulya S.Si., mengatakan, Lazuardi Festival 2024 merupakan agenda rutin tahunan yang bertujuan mengenalkan Lazuardi Ideal GCS ke masyarakat Purwakarta. "Kami open house, mengundang orang tua siswa dari berbagai sekolah di Purwakarta untuk mengikuti seminar parenting. Kami juga menggelar berbagai mata lomba lewat ajang Lazta Fiesta yang diikuti para siswa tingkat PAUD, TK, SD hingga SMP se-Kabupaten Purwakarta," kata Angga di lokasi, Sabtu (28/4).

Senada disampaikan Konsultan Lazuardi Ideal GCS Pusat, Maran Sutarya, M.Pd. Disebutkannya, Lazuardi memiliki perhatian khusus terhadap unit activity atau ekstrakurikuler siswa. 

Melalui ekstrakurikuler ini, sambungnya, siswa dapat menggali potensi dan kreativitasnya di berbagai bidang, seperti seni, olahraga, matematika, bahasa, dan lain sebagainya. "Seperti unit activity di bidang seni, yakni Lazuardi Orkestra yang menjadi guest star pada acara Lazuardi Open House ini. Para siswa dengan bakat musiknya kami fasilitasi, termasuk menghadirkan pelatih khusus. Alhamdulillah, bisa tampil apik membawakan beberapa lagu islami," ujar Maran.

Ditemui di lokasi yang sama, Direktur Lazuardi Ideal GCS Purwakarta, Habib Salim Husein, B.S.A., M.Pd., mengatakan, melalui Lazuardi Festival ini pihaknya ingin lebih mengenalkan lagi Lazuardi Ideal GCS kepada masyarakat luas. "Terlebih pada tahun ajaran ini kami membuka tingkat sekolah dasar, melengkapi tingkat SMP dan SMA yang lebih dulu ada," ucap Habib Salim.

Dengan open house ini, lanjutnya, menegaskan Lazuardi Ideal GCS yang terbuka bagi siapa saja. "Silakan datang dan lihat langsung sekolah kami yang mengusung sekolah welas asih," katanya.

Habib Salim juga menegaskan, Lazuardi Ideal GCS menghasilkan lulusan yang mumpuni yang berhasil diterima di universitas ternama. "Bahkan salah satu siswa kami, Dafa Al Gasemi, terpilih sebagai kiper Timnas Indonesia U-16 yang siap berlaga di Piala AFF 2024," ujarnya.(add/sep)

Berita Terkait