Daerah

Wanita Lansia di Kampung Rancabogo Mengidap Tumor Ganas Kelenjar Getah Bening

Jalancagak
Kadinkes Subang, dr. Maxi lakukan pemeriksaan pasien pengidap tumor ganas kelenjar getah bening di Desa Tambakmekar, Kecamatan Jalancagak.

PASUNDAN EKSPRES-Seorang wanita lansia bernama Acah, warga Kampung Rancabogo, Desa Tambakmekar, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, tengah berjuang melawan tumor ganas kelenjar getah bening.

Suaminya, Soleh, menyampaikan bahwa istrinya sudah dua bulan terakhir ini didiagnosis menderita penyakit tersebut. 

"Sejak awal puasa, istri saya mulai merasakan adanya benjolan dan sakit di bagian leher. Kami segera membawanya ke Puskesmas dan kemudian ke beberapa rumah sakit," terangnya.

Setelah serangkaian pemeriksaan di rumah sakit, Acah dinyatakan mengidap tumor ganas. Selama berada di rumah, ia tidak mengonsumsi obat apapun karena pemeriksaan masih terus dilakukan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr. Maxi menjelaskan bahwa Acah (60) menderita tumor ganas kelenjar getah bening yang terletak di rahang. 

Menurutnya, penyakit ini berkembang dengan cepat, baru dua bulan yang lalu mulai dirasakan gejalanya namun benjolannya sudah semakin membesar.

"Ibu Acah telah mendapatkan perawatan di Puskesmas, dirujuk ke RS Hamori, lalu ke RS Santosa, dan terakhir ke RS Hasan Sadikin. Pemeriksaan yang sudah dilakukan antara lain biopsi dan USG leher, dan kemungkinan masih ada pemeriksaan lanjutan seperti CT scan," ujarnya.

Maxi menyebut, semua biaya pengobatan ditanggung oleh pemerintah melalui Kartu Indonesia Sehat (KIS).

“Tumor ganas tidak bisa ditentukan penyebabnya secara pasti karena banyak faktor yang bisa mempengaruhi," tambahnya.

Saat ini, lanjut Maxi, operasi belum dapat dijadwalkan karena masih menunggu hasil pemeriksaan lanjutan untuk memastikan apakah ada penyebaran kanker ke bagian tubuh lainnya.

“Setelah pemeriksaan selesai, baru akan ditentukan apakah akan dilakukan operasi, radioterapi, atau kemoterapi, tergantung pada tingkat penyebarannya," pungkasnya.

Masyarakat sekitar dan keluarga berharap agar ibu Acah segera mendapatkan perawatan yang tepat dan bisa pulih dari penyakitnya. 

Dukungan dari berbagai pihak sangat diharapkan untuk membantu meringankan beban keluarga Soleh dalam menghadapi cobaan ini. (cdp)

Berita Terkait