Daerah

Ubah Tantangan Jadi Peluang, KPB Mahasiswa Muttaqien University Purwakarta Libatkan 44 UMKM

Mutttaqien University Purwakarta
Mutttaqien University Purwakarta melaksanakan program Kuliah Praktik Bermasyarakat (KPB) atau Praktik Kerja Lapangan (PKL) di 44 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) selama sebulan penuh, yakni pada 1 - 30 September 2024.(Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Universitas Islam DR. K.H. EZ Muttaqien (Mutttaqien University) Purwakarta melaksanakan program Kuliah Praktik Bermasyarakat (KPB) atau Praktik Kerja Lapangan (PKL) di 44 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) selama sebulan penuh, yakni pada 1 - 30 September 2024.

Mengusung tagline "Ubah Tantangan Jadi Peluang", KPB/PKL tersebut diikuti sebanyak 164 mahasiswa. Tujuannya, menerapkan teori yang dipelajari di bangku kuliah dan mampu berpartisipasi dalam pengembangan bisnis UMKM serta memperoleh pengalaman praktis dalam dunia usaha.

Program ini juga membuat mahasiswa berperan langsung dalam membantu pengembangan UMKM di wilayah Purwakarta, yang merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian daerah.

Wakil Dekan III, Dr Dedeng Abdul Ghani, S.E.,M.Si., mengatakan, selama pelaksanaan KPB/PKL mahasiswa diminta memperhatikan beberapa hal. Di antaranya, tidak melakukan duplikat atau hal yang serupa dengan pelaksanaan KPB/PKL tahun sebelumnya.

"Harus diperhatikan pula kebermanfaatannya, terutama dalam meningkatkan daya saing UMKM dan keberlanjutan usaha," kata Dedeng pada pembekalan KPB/PKL yang dihadiri jajaran kaprodi, sekretaris prodi dan panitia, belum lama ini.  

Mahasiswa juga, kata dia, agar dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan dengan melakukan pengelolaan manajemen usaha.

"Selama KPB/PKL mahasiswa diharapkan dapat memberikan pendampingan dalam pengelolaan manajemen UMKM. Di antaranya seperti menyusun rencana bisnis, manajemen stok, dan operasional," ujarnya.

Selanjutnya, mahasiswa juga berperan dalam memperkenalkan teknologi digital kepada pelaku UMKM. Mahasiswa mengajari tentang penggunaan platform e-commerce, media sosial, dan strategi pemasaran online. 

"Untuk mahasiswa dari jurusan Akuntansi dan Ekonomi dapat membantu UMKM menyusun pembukuan yang lebih rapi dan sistematis. Mahasiswa juga memberikan masukan mengenai inovasi produk dan layanan," ucapnya. 

Lebih lanjut Dedeng mengatakan, program KPB/PKL ini bukan hanya memberikan mahasiswa pengalaman nyata tentang dunia kerja, tetapi juga membantu UMKM dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas usahanya. 

"Dengan terlibat langsung dalam kegiatan ini, mahasiswa dapat mempraktikkan ilmu yang mereka pelajari di kelas dan memberikan kontribusi nyata terhadap masyarakat juga bagi pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM di wilayah Purwakarta," kata Dedeng.(add)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua