Daerah

Desa Sidajaya Miliki Wisata Edukasi, Ada Peran Bos Urip

Desa Sidajaya
Desa Sidajaya Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang mulai terkenal. Setelah adanya wisata edukasi di Kampung Cigarukgak. (Zaenal Abidin/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Desa Sidajaya Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang mulai terkenal. Setelah adanya wisata edukasi di Kampung Cigarukgak. Keberadaan wisata di desa ini tidak terlepas dari peran pengusaha Bos Urip. 

Tokoh masyarakat Subang Urip Supriyanto yang lebih akrab dikenal Bos Urip merupakan salah satu tokoh yang menjabat sebagai Direktur Athamara Grup yang bergerak di bidang pelayaran dan BBM. 

Kepala Desa Wisata Sidajaya Nanang Nurhikmat menyampaikan sosok bos Urip ingin mengangkat nama desa Sidajaya khususnya Kampung Cigarukgak yang diubah menjadi desa wisata. 

"Desa Sidajaya lebih menyongsong menjadi desa wisata edukasi kunjungan dan alhamdulillah desa wisatanya adalah wisata edukasi," ungkapnya kepada Pasundan Ekspres. 

Ia menjelaskan, bahwa desa ini banyak bangunan heritage peninggalan Belanda. Salah satunya jembatan pelangi Cilamatan yang sudah dijadikan cagar budaya desa wisata. 

Berkat dukungan bos Urip akhirnya terbentuk desa wisata Sidajaya lembur Cigarukgak. Desa wisata edukasi kunjungan cukup beragam ada UMKM, mebatik, dan oalahan-olahan makanan. 

"Fasilitas penunjang wisata di sini ada agro wisata, kelompok tani, dan kita edukasi bagaimana cara bercocok tanam mulai dari membajak sawah hingga panen," ucapnya. 

Ia menambahkan, dalam strategi pemasaran desa wisata Sidajaya sudah melakukan pelatihan untuk memasarkan wisata. Kemudian di setiap dusun dikembangkan apa yang sedang berkembang.(znl/ysp) 

Berita Terkait