Daerah

BP4D Subang Inisiasi Kick Off Subang Innovation Festival

Pj Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si. MA.Cd menghadiri Kick Off Subang Innovation Festival 2024 yang diselanggarakan pada Rabu (25/9) di Alun-Alun Subang.
Pj Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si. MA.Cd menghadiri Kick Off Subang Innovation Festival 2024 yang diselanggarakan pada Rabu (25/9) di Alun-Alun Subang.

SUBANG-Pj Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si. MA.Cd menghadiri Kick Off Subang Innovation Festival 2024 yang diselanggarakan pada Rabu (25/9) di Alun-Alun Subang.

Acara yang digagas oleh Pemda dalam hal ini Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) ini dihadiri oleh sejumlah pimpinan OPD, Forkopimda, perwakilan BUMN, perwakilan BUMD, akademisi, serta tamu undangan lainnya.

Kepala BP4D Subang Iwan Syahrul Anwar mengungkapkan, pandemi covid-19 yang beberapa tahun melanda dunia membuat manusia terpicu untuk mengembangkan teknologi serta inovasi sehingga dapat terus melakukan aktivitas secara lancar.

Berangkat dari sana, ia mengatakan betapa pentingnya inovasi bagi pembangunan daerah. Menurutnya, pemerintah daerah memerlukan inovasi dari anak-anak muda maupun perangkat daerah yang kreatif.

Oleh sebab itu, BP4D menginisiasi Subang Innovation Festival 2024 sebagai pemicu agar dapat melahirkan inovasi hebat di Kabupaten Subang.

Ada 10 kategori yang diangkat dalam Subang Innovation Festival 2024 ini, yaitu bidang kesehatan, pendidikan dan kebudayaan, pangan dan pertanian (termasuk peternakan, perkebunan, kehutanan, dan perikanan), energi terbarukan, lingkungan hidup, teknologi informasi dan komunikasi, pariwisata dan ekonomi kreatif, penanganan kemiskinan dan kesejahteraan sosial, UMKM dan ketengakerjaan, serta pemberdayaan masyarakat.

"10 kategori ini merupakan hasil diskusi yang disesuaikan dengan tema pembangunan kita di tahun 2025," ucapnya.

Ia menambahkan, untuk meningkatkan kualitas perlombaan tersebut, dewan juri yang akan menilai berasal dari Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), LPPM Subang, Akademisi Subang, serta BP2D Jawa Barat.

"Hari ini kick off-nya akan berproses dalam dua tahap penilaian di tiga kategori yaitu SMP, SMA, dan perangkat daerah. Sedangkan awardingnya nanti di tanggal 12 November 2024," ucapnya.

Pj Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si. MA.Cd mengatakan, betapa pentingnya inovasi dalam mendorong sebuah perubahan di suatu daerah, khususnya Subang.

"Semangat inovasi ini yang harus dimiliki oleh semua daerah. Tanpa adanya inovasi, tidak akan terjadi perubahan dimanapun. Saya sangat berharap besar Subang ini bisa melakukan tranaformasi sekaligua inovasi diberbagai bidang," ucapnya.

Dirinya berharap dengan dimulainya ajang Subang Innovation Festival ini dapat menghasilkan berbagai macam inovasi yang berguna bagi Kabupaten Subang.

"Saya berharap dengan kick off Subang Innovation Festival 2024 ini kita bisa temukan dan lahirkan beragam inovasi yang dihasilkan oleh anak-anak dan ASN kita yang kreatif," ucapnya.

Menurutnya, Subang memiliki banyak sekali potensi yang bisa dimanfaatkan. Maka dari itu, dengan adanya inovasi-inovasi yang akan muncul potensi tersebut dapat digali secara maksimal.(fsh/ysp)

 

Tag :
Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua