Daerah

Mahasiswa Universitas Subang Antusias Ikuti Sekolah Legislatif

Mahasiswa Fakultas Hukum mengikuti sekolah legislatif yang digelar Dewan Pertimbangan Mahasiswa (DPM) Fakultas Hukum UNSUB.
Mahasiswa Fakultas Hukum mengikuti sekolah legislatif yang digelar Dewan Pertimbangan Mahasiswa (DPM) Fakultas Hukum UNSUB.

SUBANG-Mahasiswa Fakultas Hukum mengikuti sekolah legislatif yang digelar Dewan Pertimbangan Mahasiswa (DPM) Fakultas Hukum UNSUB dengan tema “Menanamkan Jiwa Legislatif Kepada Calon Legislator di Masa yang Akan Datang”, Rabu (12/6).

Acara tersebut mendapat dukungan luas dari berbagai pihak. Juga dihadiri oleh Ketua Himasi Fasilkom UNSUB, Ketua DPM FIA UNSUB, Ketua BLM FKIP UNSUB, Ketua DPM FIA UNSUB, Ketua Umum Majelis Permusuawaratan Mahasiswa (MPM) Universitas Mandiri dan Ketua Dewan Mahasiswa (DEMA) STAI Riyadhul Jannah.

Pada sambutannya, Fernando Yuda Manggala, Kasubag Kemahasiswaan Fakultas Hukum UNSUB mengatakan, “Sebagaimana IKN dibentuk dengan membangun salah satu monumen. Kegiatan ini merupakan peletakan batu pertama di DPM yang sebelumnya, belum pernah ada dan ini bisa menjadi fondasi DPM yang semakin baik kedepanya.”

Selaku Ketua Umum BLM UNSUB, Cahyan, menekankan pentingnya keberlanjutan kegiatan Sekolah Legislatif.

“Acara Sekolah Legislatif ini jangan sampai berhenti di periode saat ini. Diharapkan gebrakan baru ini dapat dijadikan sebagai batu loncatan untuk legislatif mahasiswa yang lebih baik lagi di masa depan,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPM Fakultas Hukum UNSUB, Khoirul Umam menyampaikan bahwa tujuan utama acara dimaksud adalah menanamkan semangat legislatif kepada semua peserta.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan wawasan yang bermanfaat bagi kalian sebagai calon lagislator masa depan, agar mampu menciptakan inovasi baru dan menjalankan peran legislatif yang jauh lebih baik lagi”, tandas Khoirul Umam.

Wakil Gubernur BEM Fakultas Hukum UNSUB, Rifki Satria Nugraha, memotivasi peserta untuk mengikuti seluruh rangkaian acara dengan semangat dan antusiasme.

“Kami berharap para peserta dapat memahami struktur, fungsi, dan mekanisme kerja DPM. Dengan demikian, kalian tidak hanya mengenal DPM sebagai lembaga, tetapi juga memahami bagaimana berpartisipasi aktif dan memberi kontribusi nyata dalam pengembangan fakultas kita,” tuturnya.

Focus Grouf Discusion (FGD) pada acara Sekolah Legislatif menjadi hal yang menarik bagi mahasiswa. Para Peserta diminta aktif untuk memberikan pendapatnya mengenai mosi yang diangkat dalam acara tersebut. Tampil pada acara tersebut sebagai pembicara, yakni Ketua MPM Universitas Mandiri, Ketua Himasi dan Wapres DEMA STAI Riyadhil Jannah.

Salah satu peserta, Manda, mahasiswi Fakultas Hukum mengatakan, “Acara ini mengangkat tema yang menarik, sehingga membuat saya antusias megikutinya. Membuka wawasan saya tentang pentingnya legislatif.”

Para peserta menyatakan bahwa kegiatan ini sangat membantu mereka dalam memahami peran legislatif. “Acara ini membuka wawasan saya tentang pentingnya legislatif yang membuat saya antusias untuk ikut serta,” ungkap Manda, mahasiswi Fakultas Hukum.

Acara ini tidak hanya memberikan wawasan baru kepada peserta tetapi juga menjadi bahan evaluasi bagi DPM untuk terus meningkatkan kualitas program yang mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa di bidang legislatif.

Ke depannya, diharapkan lebih banyak mahasiswa yang terlibat dan termotivasi untuk mengambil peran aktif dalam dunia legislatif. (Nisrina Nurhaniyah, Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Subang)

Berita Terkait