Daerah

Sistel UPI Purwakarta Cetak Generasi Ahli Cloud Computing, Pengabdian Masyarakat dengan Praktik Google Cloud Platform

Sistel UPI Purwakarta
Program Studi Sistem Telekomunikasi UPI Purwakarta menggelar program pengabdian masyarakat "Cloud Computing" (Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Program Studi Sistem Telekomunikasi (Sistel) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Purwakarta menggelar program pengabdian masyarakat "Cloud Computing" dengan tema "Pelatihan Manajemen Infrastruktur Cloud dalam Pengimplementasian Artificial Intelligence, Machine Learning, dan Big Data", Selasa (2/7).

Kegiatan yang diikuti oleh 19 siswa dari 10 SMK se-Kabupaten Purwakarta ini digelar di Smart Class Room UPI Kampus Purwakarta, Jl. Veteran No. 8, Kelurahan Nagri Kaler, Purwakarta.

Direktur UPI Kampus Purwakarta Prof. Dr. Yayan Nurbayan, M.Ag., mengatakan, para siswa tidak hanya mempelajari teori terkait manajemen infrastruktur cloud, tapi juga melakukan praktik langsung menggunakan platform Google Cloud Platform. 

"Hal ini diharapkan dapat memberikan pengalaman nyata dalam pengelolaan teknologi cloud," kata Prof Yayan saat dikonfirmasi wartawan.

Prof. Yayan pun menekankan pentingnya penguasaan teknologi cloud computing untuk menghadapi tantangan di era digital. "Pemahaman terhadap teknologi ini akan sangat membantu siswa dalam bersaing di masa depan," ujarnya.

Senada, Ketua pelaksana kegiatan, Galura Muhammad Suranegara, M.T., mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang cloud computing. 

"Dengan demikian, mereka diharapkan siap mengimplementasikan teknologi ini dalam berbagai aplikasi nyata, termasuk artificial intelligence, machine learning, dan big data," ucap Galura.

Dirinya pun menambahkan, program ini merupakan bagian dari komitmen UPI Purwakarta untuk terus berkontribusi dalam pengembangan pendidikan dan teknologi di masyarakat.

"Melalui program pengabdian masyarakat seperti ini, diharapkan terjadi transfer ilmu dan teknologi yang bermanfaat bagi siswa dan sekolah-sekolah di Purwakarta," kata dia.

Para peserta tampak antusias mengikuti setiap sesi pelatihan. "Mereka tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritis, tetapi juga kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan para instruktur," ujar Galura.

Praktik langsung dengan platform Google Cloud Platform juga, lanjutnya, menjadi salah satu sesi yang paling dinantikan oleh para siswa.

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat memahami dan menerapkan teknologi cloud computing secara efektif. Selain itu, mereka juga diharapkan siap bersaing di dunia yang semakin mengedepankan teknologi digital, serta mampu berkontribusi dalam pengembangan teknologi di masa depan," ucapnya.(add/ded)

Berita Terkait