Daerah

Rubuan Surat Suara Rusak di Subang Diduga Salah Cetak

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang telah mencatat ada ribuan surat suara rusak di Pemilu 2024 yang telah diterimanya. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang telah mencatat ada ribuan surat suara rusak di Pemilu 2024 yang telah diterimanya. 

Sekretaris KPU SUbang Andri mengatakan, setelah dilakukan penyortiran surat suara, ada banyak kerusakan yang diduga bersal dari cetakan penyedia. 

Kerusakan suarat suara tersebut bahkan bukan hanya ada di Subang saja melainkan di kota-kota lainnya seperti banyuwangi, Bandung dan jumlahnya hampir ribuan. 

"Kerusakan rata-rata dari hasil cetakannya sendiri, jadi memang kita punya tiga penyedia surat suara, dan bukan hanya di Subang aja ternyata terbukti di daerah-daerah lainnya itu juga mendapati surat suara yang rusak dari hasil cetakannya," katanya.

Untuk surat suara yang rusak, andri mengatakan pihaknya telah melaporkan ke KPU pusat serta mengajukan untuk kembali mengirim surat suara yang telah rusak. 

BACA JUGA:Nyaris Diamuk Massa, Pelaku Curanmor di Pagaden Barat Diamankan Polisi

"Sudah kami laporkan ke pusat terkait dengan kerusakan surat suara yang telah diterima oleh KPU Subang. Sudah kita ajukan dan ajukannya melalui palarel yang langsung tersampaikan ke pusat," ucapnya.

Sementara itu, proses penyortiran suarat suara telah selesai dilakukan oleh KPu Subang. Penyortiran tersebut dilakukan selama 9 hari dan dinyatakan selesai pada hari Rabu (17/1). 

Andri juga menuturkan bahwa surat suara yang rusak didominasi oleh suarat suara dari DPRI RI. 

"Kemarin berdasarkan data kita yang masuk ada 4.965 surat suara yang rusak setelah kami menerima kemarin. Kerusakannya didominasi oleh surat suara DPR RI itu sekitar ada 2 ribu lebih lah," ujar Sekertaris KPU Subang Andri

Berita Terkait