Daerah

306 Siswa Ikuti Kompetisi Sains Madrasah, ingkat Madrasah se Kabupaten Subang

Kompetisi Sains Madrasah
Para peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) saat mengikuti materi uji KSM berbasis komputer di MAN 2 Subang Kecamatan Binong, Senin (1/7).(Dadan Ramdan/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Sebanyak 306 siswa mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang akan berlangsung selama tiga hari, Senin hingga Rabu (1-3/7).

Pelaksanaan Kegiatan KSM tersebut berlangsung di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Subang Kecamatan Binong.

Dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, untuk hari Senin ini  tingkat Madrasah Aliyah, Selasa tingkat MTs dan Rabu untuk tingkat MI.

Ketua Komite Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Kabupaten Subang Nurdin S.Si M.MPmat menyampaikan bahwa dari total 306 perserta KSM itu terbagi menjadi tiga bagian, pertama untuk tingkat Madrasah Aliyah sebanyak106 orang dengan materi uji matematika, fisika, kimia, biologi, geografi dan ekonomi, kedua tingkat

Madrasah Tsanawiyah 118 orang dengan materi uji Matematika, IPA dan IPS, ketigaTingkat Madrasah Ibtidaiyyah 82 orang dengan materi uji matematika dan Sains IPA terintegrasi.

"Mereka diuji secara online dengan sistem komputer," kata Nurdin Ketua Komite KSM.

Menurutnya dengan adanya KSM ini, peserta diuji kemampunan akademik nya , secara nasional dan sistem penilaian juga secara nasional.

"Jadi kita ini hanya penyelenggara saja, soal materi uji dan soal soal berbasis komputer, termasuk hasilnya pun secara online," tuturnya.

Selanjutnya yang menjadi juara dari kompetisi sains madrasah ini, nantinya mereka akan mewakili Kabupaten Subang ke tingkat provinsi dan nasional yang akan berlangsung di Maluku.

"Ya juara juaranya otomatis jadi wakil kabupaten/kota ke tingkat provinsi dan nasional," tambahnya.

KSM tersebut juga bertujuan untuk mendorong dan  meningkatkan kualitas pendidikan madrasah, bahwa kemampuan siswa madrasah juga sama dengan sekolah umum lainnya, sesuai motto Madrasah Lebih Baik Madrasah.(dan/ded)

Berita Terkait