Daerah

SMPN 1 Subang Gelar MPLS dengan Tagline Penuh Ceria

SMPN 1 Subang
SMPN 1 Subang menggelar masa pengenalan lingkungan sekolah dengan penuh ceria yang berlangsung di lapang sekolah, Rabu (17/7).(Zaenal Abidin/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Meriah Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Subang menggelar masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dengan penuh ceria yang berlangsung di lapang sekolah, pada Rabu (17/7). Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala Sekolah, Komite, Staff, dan para Guru, kegiatan yang mengusung tema Introduction Evoking Dreams Of Spensa Genius (IEAMUS) dengan selogan Through The Dreams, We Enter A World Completely Belonging To Us. 

MPLS yang dilaksanakan selama satu minggu ini sudah berjalan 3 hari yang dimulai pada hari Senin dengan berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan. Kemudian untuk hari Kamis dan Jumat itu kegiatan pengenalan gerakan pramuka. 

Pembina Osis sekaligus Ketua panitia MPLS Desi Sri Cahyani menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) sekaligus petunjuk teknis (Juknis) langsung dari pusat kementrian. "Juknis yang diberikan bahwa MPLS ini harus menyenangkan, apalagi tagline dari Kadisdikbud saat sosialisasi tentang MPLS ini, kita harus menyambut peserta didik baru dengan penuh ceria," ungkapnya kepada Pasundan Ekspres. 

Ia mengatakan, sekolah harus benar-benar menunjukan kultur sekolah itu yang nyaman dan aman, sehingga disini sekolah juga harus mensosialisasikan terkait deklarasi anti perundungan dan kekerasan. "Maka ketika MPLS dimulai pada hari Senin itu ketika pembukaan kami deklarasi dengan Ikrar yang dipimpin langsung oleh ketua osis yang diucap ulang oleh siswa baik itu panitia dan guru. Mudah-mudahan diawal ini kita berjanji dengan semua kegiatan yang ada disekolah ini benar-benar yang anti perundungan dan kekerasan," jelasnya. 

Ia menjelaskan, untuk dihari kedua kegiatan MPLS sama dengan hari pertama, namun kegiatan terbagi menjadi tiga tempat pertama ada di Aula, kedua di lapangan, dan ketiga dikelas. Materi yang diberikan pun disesuaikan dengan kebutuhan yang berkaitan dengan wawasan wiyata mandala, kurikulum merdeka, Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5), hingga pengenal sarana prasarana sekolah dan pemeliharaannya. "Kemudian di hari ini para siswa-siswi SMPN 1 Subang menunjukan kabisa Ekstrakurikuler dari kelas 8 dan kelas 9, dengan total 22 ekstrakurikuler yang ditunjukkan mulai dari keagamaan, seni, olahraga, hingga IT (informasi teknologi)," lanjutnya. 

Desi menambahkan, dari kegiatan MPLS ini sekolah memiliki tujuan yang sama membangun mimpi SMPN 1 Subang dengan moto Osis HIJI (Hade budina, Inovatif karyana, Jembar prestasina, Impian urang sadayana).(znl/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua