Daerah

Realisasikan Dana Desa, Kades Citalang Komitmen Bangun GPS

Kades Citalang
Pembangunan gedung pengolahan sampai tahap kedua yang dipusatkan di Kampung Mekarsari RT 016/004 Desa Citalang Purwakarta.(Maldiansyah/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Komitmen Pemerintahan Desa Citalang, Purwakarta untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat mendapat perhatian yang sangat serius dari Pemdes Citalang. Hal ini dibuktikan dengan dilaksanakannya pembangunan Gedung Pengolahan Sampah (GPS) tahap kedua yang dipusatkan di Kampung Mekarsari RT 016/004 Desa Citalang Purwakarta.

Dalam pantauan awak media, Kamis (20/6), terlihat lanjutan pembangunan tengah serius dikerjakan.

Berdasarkan keterangan Kepala Desa Citalang, menjelaskan bahwa lanjutan pembangunan gedung pengolahan sampah ini sebagai salah satu wujud nyata komitmen dirinya dan pemerintahan desa Citalang. "Pembangunan gedung pengolahan sampah tahap kedua yang sedang kita laksanakan ini, menggunakan anggaran dana desa (DD) tahun 2024. 

Setelah sebelumnya di laksanakan dari sumber anggaran silpa DD tahun 2023," jelas Kosasih. "Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Dan untuk pengambilan sampah dari warga kita sudah siapkan petugas khusus dan selanjutnya dilakukan pemilahan. Grand desain terkait hal ini sudah kita buat dan kita bertahap menyelesaikannya sekaligus anggarannya pun menyesuaikan. Setelah sebelumnya menjadi keputusan Musdes," tambahnya.

Dan untuk pengerjaannya, Desa Citalang mengaku memberdayakan SDM warga lingkungan sekitar sebagai tenaga kerja. "Untuk pengerjaannya, baik tahap kesatu dan tahap kedua menggunakan tenaga kerja warga kami sendiri. Karena di Desa Citalang banyak yang ahli dalam pekerjaan sejenis ini. Hal ini agar terbuka kesempatan kerja buat warga dan yang terpenting diharapkan kalau warga sendiri yang mengerjakannya akan tumbuh rasa tanggung jawab dan rasa memiliki. Dan ini akan berdampak pada kualitas bangunan sesuai yang kita harapkan," ujar Kades.

Masih menurut Kades, pembangunan gedung pengolahan sampah dengan sumber anggaran dari Dana Desa adalah yang pertama di Kabupaten Purwakarta. "Koreksi kalau saya salah, pembangunan gedung pengolahan sampah ini mungkin yang pertama di Kabupaten Purwakarta. Biasanya ditempat lain, pembangunan gedung sejenis ini dengan menggunakan anggaran selain DD atau bantuan pemerintah lainnya diluar DD," katanya.

Diakhir keterangannya, Kades Citalang menjelaskan rinci jumlah anggarannya. "Untuk tahap pertama dan sudah selesai kita laksanakan, bersumber dari anggaran silpa DD tahun 2023, menghabiskan anggaran sebesar Rp 125.000.000,- (seratus dua puluh lima juta rupiah) dan untuk tahap kedua ini kita anggarkan sebesar Rp 236.683.450,-(dua ratus tiga puluh enam juta enam ratus delapan puluh tiga ribu empat ratus lima puluh ribu rupiah). Tapi yg terpenting adalah semuanya berdasarkan hasil keputusan Musdes," pungkasnya.(mas/sep)

Berita Terkait