Daerah

Puskesmas Sukarahayu Bagikan Tips Mudik Nyaman dan Sehat

Petugas Promkes di Puskesmas Sukarahayu, Intan Sri Rahayu, SKM
Petugas Promkes di Puskesmas Sukarahayu, Intan Sri Rahayu, SKM bagikan tips mudik nyaman dan sehat.

SUBANG-Petugas Promkes di Puskesmas Sukarahayu, Intan Sri Rahayu, SKM membagikan beberapa tips yang dapat dilakukan sebelum dan selama perjalanan mudik agar lebih aman, nyaman dan sehat. 

Pertama, pastikan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum memulai perjalanan mudik. Ini penting untuk memastikan kondisi fisik kita baik atau kurang baik  melakukan perjalanan jauh. 

Kedua, persiapkan diri secara fisik dan mental sebelum perjalanan dengan menjaga pola makan sehat, tidur yang cukup, dan mengelola stres. 

Ketiga, sebelum dan selama perjalanan, hindari konsumsi alkohol dan makanan yang berlemak. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. 

Keempat, jaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan secara teratur atau menggunakan hand sanitizer, terutama sebelum makan atau setelah menggunakan fasilitas umum. 

Kelima, jaga asupan cairan dengan minum air yang cukup selama perjalanan untuk mencegah dehidrasi. 

Keenam, hindari konsumsi makanan atau minuman yang tidak jelas asal-usulnya untuk menghindari risiko keracunan makanan. 

Ketujuh, setiap 2-3 jam sekali luangkan untuk beristirahat dan selama istirahat, kita bisa lakukan peregangan otot ringan agar mengurangi kekakuan otot. 

Kedelapan, jika menggunakan transportasi umum, pastikan untuk memakai masker dan menjaga jarak fisik dengan orang lain untuk mengurangi risiko penularan penyakit. 

Kesembilan, hindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit atau menunjukkan gejala penyakit untuk menghindari penularan penyakit. 

Terakhir, jika badan kita dirasa tidak sehat atau menunjukkan gejala penyakit selama perjalanan, silahkan kunjungi posko kesehatan yang telah tersedia. 

"Dengan mengikuti tips-tips ini, kami berharap perjalanan mudik kita semua akan berjalan dengan lancar dan aman. Tetap jaga kesehatan dan selamat sampai tujuan," ucapnya.(fsh/ysp)

Tag :

Berita Terkait