Daerah

Pj Bupati Subang Ajak Calon Jemaah Haji Jaga Kesehatan, Suhu di Arab Cukup Panas

Pj Bupati Subang
IST LEPAS KEBERANGKATAN: Penjabat Bupati Subang, Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd berdialog dengan calon jamaah haji asal Kabupaten Subang, bertempat di Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Minggu (12/5).

MAJALENGKA-Penjabat Bupati Subang, Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd mendampingi Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin melepas keberangkatan jamaah haji asal Kabupaten Subang, bertempat di Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Minggu (12/5).

Total jamaah haji yang diberangkatkan pada kloter pertama melalui bandara Kertajati berjumlah 440 orang yang seluruhnya berasal dari Kabupaten Subang, yang kemudian terbang menuju Arab Saudi pada pukul 09.30 WIB. 

Pj. Bupati Subang Dr. Imran menyampaikan agar para calon jamaah haji agar selalu bersemangat dalam menjalankan ibadah haji serta menjaga kondisi fisik dan juga kesehatan selama menjalankan ibadah haji, dikarenakan suhu di Arab saat ini mencapai 40-48° Celcius.

Sementara itu, Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendoakan kelancaran dan keselamatan para jamaah dalam menjalankan ibadah haji di tanah suci.

"Kita doakan bersama agar para jamaah haji diberikan kelancaran serta keselamatan dalam beribadah," jelasnya.

Bey juga menyebutkan bahwa total jamaah haji asal Jawa Barat sebanyak 40.200 dan Jawa Barat menjadi penyumbang jamaah haji terbanyak di Indonesia.

"Total jamaah haji di Jawa Barat berjumlah sekitar 40.200 jamaah, ada dua embarkasi di Kertajati dan Bekasi," ujarnya.

Selain itu, Bey juga memastikan sejauh ini tidak ada kendala apapun untuk pelayanan penerbangan haji dari Bandara Kertajati.

"Semuanya baik, untuk keberangkatan hari ini dari kertajati cukup baik, pelayanan dari betugas juga ramah dan baik," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Jendral Kementerian Agama Ali Ramdani berpesan kepada jemaah untuk menjaga kesehatan, apalagi saat ini estimasi posisi suhu di Arab Saudi 40 - 46 derajat celcius.

"Kita berharap jemaah dapat menata badannya, menjaga badan dan adil terhadap badannya sehingga saat puncak haji mereka dapat berada pada kondisi fit," kata Ali.

Tema Haji tahun ini, Kemenag mencanangkan Haji Ramah Lansia dikarenakan mayoritas jemaah saat ini berada pada ketagori lanjut usia.

"Kita berharap kita saling mendoakan terutama untuk para jemaah haji agar mendoakan bangsa Indonesia, negara kita senantiasa berada dalam keadaan harmonis, rukun dan sejahtera," katanya.

Selain itu, para jamaah yang dijadwalkan terbang melalui BIJB Kertajati, rencananya akan dibagi dua sesi. Penerbangan dari 12-23 Mei 2024 para jemaah akan mendarat di Madinah. Sedangkan yang terbang dari 23 Mei-10 Juni, akan mendarat di Jeddah.(ysp)

Berita Terkait