Daerah

Lurah Sindangkasih Turun ke Sungai Singkirkan Pohon Tumbang

Sindangkasih
Lurah Sindangkasih M. Hasan Amin bersama bergerak cepat saat mengetahui ada pohon yang tumbang tercerabut dari akarnya sehingga menimbulkan longsor kecil di aliran Sungai Cimunjul(Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Lurah Sindangkasih M. Hasan Amin bergerak cepat saat mengetahui ada pohon yang tumbang tercerabut dari akarnya sehingga menimbulkan longsor kecil di aliran Sungai Cimunjul, Sabtu (6/7).

Tak ingin pohon tumbang dan longsoran tanah menghalangi aliran Sungai Cimunjul, dirinya bersama petugas kelurahan dan dibantu warga langsung turun ke sungai dengan peralatan seadanya. 

Bahu membahu, dia dan warga memotong batang pohon yang melintang itu menjadi bagian-bagian kecil untuk kemudian dibawa ke atas sehingga tak menghalangi aliran Sungai Cimunjul.

"Sekarang kan hujan deras kerap terjadi. Tadi juga saat turun ke sungai kondisinya masih hujan meski sudah agak reda. Karenanya, pohon tumbang itu harus segera ditangani, takut menghambat aliran sungai dan berpotensi banjir," kata Hasan Amin di lokasi.

Yang menarik, mengetahui Lurah Sindangkasih turun ke sungai, tak berapa lama kemudian tim relawan, karang taruna dan warga setempat juga turun ke sungai. Mereka ikut membersihkan sisa-sisa pohon tumbang dan longsoran tanah.

"Alhamdulillah, banyak yang turun, banyak yang membantu tanpa dikomando. Artinya, kesadaran warga Sindangkasih terhadap kondisi lingkungannya sangat tinggi," ujar Hasan Amin mengapresiasi.

Karena memang, lanjut dia, upaya bersama antara pemerintah kelurahan dan partisipasi aktif warga setempat menjadi kunci dalam penanganan setiap permasalahan, termasuk kejadian pohon tumbang ini.

"Kami mengimbau kepada seluruh warga untuk tetap waspada dan melaporkan segera setiap kejadian yang dapat mengganggu keselamatan lingkungan, terlebih di kondisi cuaca seperti sekarang ini," ucapnya.(add)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua