Gadget

Samsung Galaxy Tab S10 Bakal Rilis Tahun Ini, Pakai Chip MediaTek!

Samsung Galaxy Tab S10
Samsung Galaxy Tab S10 dikabarkan akan rilis tahun ini. (screenshot @phonearena)

PasundanEkspres - Samsung memperkenalkan banyak produk baru pada acara Galaxy Unpacked pekan lalu, namun Galaxy Tab S10 tidak termasuk di antaranya. Kabar terbaru menyebutkan bahwa seri Galaxy Tab S10 akan diluncurkan menjelang akhir tahun ini.

Menurut tipster Max Jambor dalam postingannya di X, Samsung akan meluncurkan seri Galaxy Tab S10 pada Oktober 2024. Sayangnya, ia tidak mengungkapkan tanggal peluncuran yang lebih spesifik.

Saat ini belum banyak informasi yang diketahui tentang Galaxy Tab S10. Rumor yang beredar sebelumnya mengklaim bahwa Samsung akan membekali Galaxy Tab S10 dengan chip flagship dari MediaTek.

Rumor ini dikuatkan oleh laporan terbaru dari tipster Ice Universe. Dalam postingannya di X, Ice Universe mengatakan bahwa semua varian Galaxy Tab S10 akan menggunakan chip MediaTek Dimensity 9300+.

Jika informasi ini akurat, ini akan menjadi keputusan yang mengejutkan dari Samsung. Mungkin Samsung ingin menjaga harga Galaxy Tab S10 agar tetap terjangkau, mengingat harga chip flagship MediaTek tidak semahal chip flagship Qualcomm.

Sebelumnya, tablet flagship Samsung hanya pernah menggunakan chip Snapdragon dari Qualcomm, sementara varian FE-nya menggunakan chip Exynos untuk menekan biaya. Ini akan menandakan pertama kalinya dalam tujuh tahun tablet flagship Samsung menggunakan chip non-Qualcomm, seperti dikutip dari SamMobile, Senin (22/7/2024).

Tanda-tanda kehadiran seri Galaxy Tab S10 juga sudah mulai terlihat. Beberapa hari yang lalu, versi Amerika Serikat dari Galaxy Tab S10+ muncul di database Geekbench dengan chipset Dimensity 9300+.

MediaTek Dimensity 9300+ merupakan chip 4nm yang memiliki delapan inti CPU dan GPU ARM Immortalis-G720 MC12 yang diklaim sangat bertenaga. Hasil tes menunjukkan GPU ini lebih bertenaga dibandingkan GPU di Snapdragon 8 Gen 3.

Kabar yang beredar sebelumnya mengatakan bahwa Galaxy Tab S10 hanya akan hadir dalam dua varian yaitu Plus dan Ultra, sementara varian dasar dihilangkan. Kita tunggu saja kebenaran rumor ini saat Samsung memperkenalkan seri Galaxy Tab S10.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua