Gadget

Kenapa Realme 13 Pro Series Belum Diluncurkan di Indonesia?

Realme 13 Pro Series
Realme 13 Pro Series kapan akan meluncur di Indonesia? (screenshot @realme.com)

PasundanEkspres - Pada akhir Juli lalu, Realme 13 Pro dan Realme 13 Pro Plus melakukan debut global. Namun, bukannya kedua perangkat tersebut yang terlebih dahulu hadir di Indonesia, melainkan Realme 13 yang diluncurkan lebih dulu.

Sherry Dong, selaku Head of Marketing Realme untuk Asia Tenggara dan Asia Selatan, mengungkapkan alasan mengapa Realme 13 dirilis lebih dulu di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari kesuksesan Realme GT 6 di Tanah Air.

"Penjualan Realme GT 6 sangat baik dan kami melihat banyak pengguna tertarik dengan pengalaman gaming. Hal ini mendorong kami untuk fokus pada perangkat mid-range dengan keunggulan gaming terlebih dahulu, baru kemudian meluncurkan Pro Series yang mengedepankan kemampuan kamera," jelas Sherry setelah acara peluncuran Realme 13 di Jakarta, Rabu (7/8/2024).

Sherry juga menambahkan bahwa ini bukan pertama kalinya model dasar dari seri Realme diluncurkan lebih dulu dibandingkan Pro Series. Strategi serupa telah dilakukan pada peluncuran sebelumnya.

"Pada Realme 10 series, kami meluncurkan Realme 10 pada bulan November, kemudian pada bulan Februari merilis Realme 10 Pro series. Jadi ini bukanlah jadwal yang pasti, tetapi tergantung pada kondisi saat itu," tambah Sherry.

Kapan Realme 13 Pro series akan diluncurkan di Indonesia?

"Mungkin dalam waktu dekat. Pokoknya, tunggu saja," kata Krisva Angnieszca, PR Lead Realme Indonesia, pada kesempatan yang sama.

Spesifikasi Realme 13 Pro Series

Realme 13 Pro dan Realme 13 Pro Plus sama-sama menawarkan layar melengkung dengan ukuran 6,7 inci dan resolusi Full HD+. Keduanya menggunakan panel AMOLED dengan refresh rate 120Hz, tingkat kecerahan 2.000 nits, dan dilindungi oleh Gorilla Glass.

Kedua perangkat ini ditenagai oleh chipset Snapdragon 7s Gen 2 dengan GPU Adreno 710. Realme menyematkan RAM LPDDR4X hingga 12 GB, dan memori internal berjenis UFS 3.1 dengan pilihan kapasitas 128 GB, 256 GB, dan 512 GB.

Realme 13 Pro dan Realme 13 Pro Plus juga dilengkapi dengan sistem pendingin 9 lapis, VC tempered 4500mm² + grafit 9953mm². Kedua perangkat menjalankan Android 14 dengan antarmuka Realme UI 5.0, dan dijanjikan akan mendapatkan 2 kali pembaruan OS Android serta pembaruan keamanan selama 3 tahun, mirip dengan seri Pro sebelumnya.

Realme 13 Pro Plus hadir dengan kamera belakang 50MP yang menggunakan sensor Sony LYT-701 dengan fitur OIS untuk pertama kalinya. Selain itu, perangkat ini memiliki kamera telefoto periskop Sony LYT-600 50MP dengan OIS yang menawarkan zoom optik 3x, zoom in-sensor 6x, dan mendukung hingga 120x SuperZoom.

Realme 13 Pro memiliki sensor LYT-600 50MP dengan OIS. Kedua perangkat juga dilengkapi dengan kamera ultra-wide 8 MP dan kamera depan 32 MP.

Realme juga menghadirkan fitur AI Ultra Clarity yang dapat meningkatkan resolusi dan kejernihan gambar buram, AI Smart Removal, AI Group Photo Enhance, dan AI Audio Zoom.

Kedua ponsel ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.200mAh. Realme 13 Pro Plus mendukung pengisian cepat SuperVOOC 80W yang dapat mengisi daya hingga 50% dalam waktu 19 menit dan 100% dalam 49 menit, sementara Realme 13 Pro dilengkapi dengan pengisian cepat SuperVOOC 45W.

Ponsel ini hadir dengan desain yang terinspirasi dari karya Monet, dan tersedia dalam warna Monet Gold dan Monet Purple untuk edisi dengan panel belakang kaca, serta Emerald Green untuk pilihan dengan kulit vegan.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua