Gadget

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G
Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G (dok.Berbagai Sumber)

PASUNDAN EKSPRES - Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G akhirnya telah dirilis  secara global pada Januari 2024. 

Smartphone ini diliris bersamaan dengan Note 13 series lainnya yaitu Redmi Note 13 4G, Redmi Note 13 Pro, dan Redmi Note 13 Pro+.

Kali ini Xiaomi menawarkan berbagai fitur canggih dan  peningkatan dari seri pendahulu. Hadirkan kamera beresolusi besar, berikut kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G yang dirangkum dari carisinyal.com. 

Kelebihan 

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G
Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G

Redmi Note 13 5G mengusung panel layar AMOLED dengan kualitas 1 miliar warna. Ukurannya 6,67 inci pada resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel) pada aspek rasio 20:9. 

Dilengkapi dimensity 6080 yang merupakan chipset MediaTek yang ditujukan untuk kelas menengah. Kendati dipakai itel P55 5G di harga Rp1 jutaan, namun performa Dimensity 6080 memang menempatkannya pada jajaran chipset di HP seharga Rp3 jutaan, seperti Snapdragon 695 5G.

Redmi Note 13 5G disusun dengan tiga kamera di belakangnya. Kamera utamanya menggunakan resolusi jumbo 108 MP (Samsung S5KHM3) dengan bukaan f/1.75, yang tentunya menghadirkan teknologi pixel binning 9-in-1 (menyatukan sembilan piksel berdekatan jadi satu piksel besar).

Redmi Note 13 5G menyajikan kelengkapan sensor yang baik. Di dalamnya, tersedia port infrared port yang tampaknya memang tidak pernah absen dari seluruh jajaran ponsel Xiaomi. Infrared merupakan sinar elektromagnetik dengan panjang gelombang lebih panjang dari cahaya yang terlihat.

Kapasitas baterai 5.000 mAh pada Redmi Note 13 5G dapat bertahan dengan lama. Ini dikarenakan penggunaan AMOLED yang ramah daya serta penggunaan chipset berfabrikasi kecil yang memiliki efisiensi daya tinggi.

Redmi Note 13 5G memiliki desain yang menawan, saya terutama menyukai sisi kamera yang disusun dengan rapi. Ponsel ini memiliki ketebalan 7,6 mm yang membuatnya salah satu paling ramping di industri. Ketebalan tersebut menurun cukup jauh dari sebelumnya yang setebal 8 mm.

BACA JUGA:Smartwatch Pertama yang Diturunkan iQOO Dengan Spesifikasi Canggih

BACA JUGA:Oppo Reno 11 dan 11 Pro 5G Akan Meluncur Ke Indonesia, Intip Spesifikasinya Disini!

BACA JUGA:Lupa Pasword Gmail? Temukan Solusinya Disini!

Kekurangan 

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G
Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G

Redmi Note 13 5G dapat memberikan hasil suara yang cukup lantang dari speaker-nya. Suara frekuensi rendah masih terdengar, namun suara bass-nya cuman terdengar sedikit serta membuat mayoritas lagu terdengar datar yang dilansir dari Phone Arena.

Saat memotret di malam hari, terjadi penurunan cahaya yang sangat drastis. Bagian-bagian yang awalnya masih terlihat jelas pada kamera utama, berubah jadi area-area yang sepenuhnya gelap seperti tidak ada penerangan lampu sekitar sama sekali.

Tidak ada fitur perekaman 4K ataupun 60 FPS pada 1080p, yang otomatis dapat membatasi konten kreator untuk mengedit foto tanpa menghiraukan penurunan kualitas.

Smartphone ini dirilis menggunakan Android 13 berbasiskan MIUI 14. Untuk diketahui, ponsel keluaran tahun 2024 semestinya sudah rilis menggunakan Android 14.

Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G merupakan salah satu pilihan smartphone terbaik di kelas harga mid-range. Secara global, HP ini dirilis dengan harga 17.998 rupee alias Rp3,3 jutaan.

Meski cukup banyak memiliki kekurangan, namun HP ini memiliki performa yang cukup handal dalam memainkan gim terkini.

(nym)

Berita Terkait