Gadget

Samsung Memperkenalkan Tiga Sensor Kamera Terbaru, Bakal Digunakan di Galaxy S25?

Samsung
Samsung kenalkan 3 sensor kamera baru bakal dipakai Galaxy S25?

PasundanEkspres - Samsung telah meluncurkan tiga sensor kamera ISOCELL terbaru untuk perangkat ponsel. Apakah ketiga sensor ini akan digunakan dalam seri Galaxy S25? Ketiga sensor tersebut adalah ISOCELL HP9, ISOCELL JN5, dan ISOCELL GNJ, masing-masing menawarkan spesifikasi dan fungsi yang berbeda.

Sensor ISOCELL HP9 adalah yang paling menonjol di antara ketiganya. Memiliki resolusi 200 MP, sensor ini dirancang khusus untuk lensa telephoto.

ISOCELL HP9 berukuran 1/1,4 inci dengan piksel berukuran 0,56 μm. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, ISOCELL HP9 menawarkan sensitivitas cahaya yang 12% lebih tinggi dan peningkatan autofokus sebesar 10%.

Sensor ini mendukung zoom dalam sensor dari 2x hingga 4x, serta zoom hingga 12x dalam mode telephoto 3x. Saat ini, ISOCELL HP9 sudah dipakai pada Vivo X100 Ultra yang diluncurkan pada akhir Mei lalu.

Selanjutnya, ISOCELL JN5 adalah sensor 50 MP yang memiliki ukuran 1/2,76 inci dan piksel berukuran 0,64 μm. Samsung menyatakan bahwa ukuran tipis sensor ISOCELL JN5 membuatnya sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk kamera utama, ultrawide, telephoto, dan bahkan kamera depan.

Sensor ini juga dilengkapi dengan teknologi dual slope gain untuk HDR single-frame dan teknologi autofokus Super Quad Phase Detection. Selain itu, terdapat mode low-power always-on yang mendukung fitur pengenal wajah dan gerakan pada kamera depan.

Menurut Samsung, ISOCELL JN5 mendukung zoom dalam sensor 2x ketika digunakan sebagai kamera utama, dan zoom dalam sensor hingga 6x saat digunakan sebagai kamera telephoto 3x, sebagaimana dilansir oleh PasundanEkspres dari Android Authority pada Seenin (01/07/2024).

Terakhir, ISOCELL GNJ adalah sensor 50 MP dengan ukuran 1/1,57 inci dan piksel berukuran 1,0 μm, mirip dengan sensor yang saat ini digunakan pada Galaxy S24 dan Galaxy S24+. Sensor ini membawa beberapa peningkatan minor, termasuk lapisan anti-refraktif untuk mengurangi pantulan cahaya serta material isolasi piksel yang lebih baik untuk meningkatkan reproduksi warna dan tampilan area bayangan atau gelap secara lebih baik.

Berita Terkait