Gadget

Apple Dikabarkan Mau Produksi iPhone 16 Pro di India Buat Pertama Kalinya

iPhone 16 Pro
iPhone 16 Pro dikabarkan akan di produksi di India. (screenshot @apple.com)

PasundanEkspres - Apple dikabarkan akan memproduksi iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max di India. Jika informasi ini benar, maka ini akan menjadi kali pertama Apple memproduksi iPhone Pro di luar China.

Menurut laporan dari Bloomberg, Apple telah mempertimbangkan untuk memproduksi iPhone Pro di India selama dua tahun terakhir. Kini, raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino tersebut telah memutuskan untuk memproduksi iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max di India.

Hingga saat ini, Apple baru memproduksi varian iPhone non-Pro di India. Sebagian besar iPhone yang diproduksi di India ditujukan untuk memenuhi permintaan pasar lokal, mengingat India memberlakukan pajak impor yang tinggi untuk produk elektronik. Oleh karena itu, produksi iPhone non-Pro di India menjadi hal yang wajar.

Pada awalnya, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan diimpor ke India terlebih dahulu. Apple akan mulai merakit seri iPhone 16 Pro di India setelah diluncurkan pada pertengahan September, setelah proses pengenalan produk baru (NPI) selesai.

Produksi iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan dilakukan di pabrik Foxconn yang berlokasi di Tamil Nadu. Selain Foxconn, perakit iPhone lainnya di India seperti Pegatron dan Tata Group juga dikabarkan akan segera memproduksi seri iPhone 16 Pro dalam waktu dekat.

Foxconn telah mulai melatih ribuan karyawan mereka menjelang peluncuran seri iPhone 16. iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max buatan India tidak hanya akan dijual di pasar lokal, tetapi juga akan diekspor ke pasar global, termasuk Amerika Serikat dan Eropa, seperti dikutip dari Phone Arena, Jumat (23/8/2024).

Apple telah mulai memproduksi iPhone di India dalam tujuh tahun terakhir. Menurut laporan terbaru, pabrik di India menyumbang 14% dari total produksi iPhone. Angka tersebut diprediksi akan naik menjadi 25% pada awal tahun depan.

Apple berhasil menjual iPhone senilai USD 8 miliar di India tahun lalu. Baru-baru ini, Apple juga menurunkan harga iPhone di India hingga Rp 1,1 juta untuk pertama kalinya setelah pemerintah setempat mengurangi bea masuk untuk produk impor.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua