Gadget

Apple Bakal Permudah Cara Ganti Baterai di iPhone 16

Apple
Apple akan permudah cara ganti baterai di iPhone 16. (screenshot iPhone 16 @apple.com)

PasundanEkspres - Apple sedang mengembangkan teknologi baru untuk memudahkan pengguna dalam mengganti baterai iPhone. Teknologi ini direncanakan akan debut pada iPhone 16 yang dijadwalkan rilis tahun ini.

Pengembangan teknologi ini dilakukan sebagai respons terhadap kebijakan baru di Uni Eropa yang mengharuskan produsen ponsel untuk mempermudah pengguna dalam mengganti baterai menggunakan alat yang mudah didapatkan. Kebijakan tersebut akan berlaku mulai tahun 2025.

Menurut laporan dari The Information yang bersumber dari individu yang terlibat dalam proses manufaktur iPhone, Apple sedang mengeksplorasi penggunaan teknologi bernama 'electrically induced adhesive debonding' untuk mempermudah proses penggantian baterai iPhone.

Saat ini, metode penggantian baterai iPhone cukup rumit dan membutuhkan alat khusus. Baterai iPhone dilekatkan ke rangka menggunakan strip perekat, dan diperlukan pinset untuk melepaskannya.

Jika strip perekat tersebut rusak selama proses penggantian, diperlukan langkah tambahan untuk menghilangkan perekatnya. Setelah baterai lama dilepas, diperlukan baki dan mesin khusus untuk memasang baterai baru dengan aman.

Metode di atas akan digantikan dengan metode baru yang sedang dikembangkan oleh Apple. Untuk memudahkan pengeluaran baterai, Apple akan membungkus baterai dengan logam, bukan foil berwarna hitam. Dengan sedikit kejutan listrik, baterai dapat dilepas dengan mudah dari rangka ponsel.

Meskipun metode penggantian baterai dibuat lebih mudah, pengguna tetap harus menemukan cara untuk membongkar iPhone. Proses pembongkarannya cukup rumit karena Apple menggunakan perekat dan baut untuk memastikan layar iPhone tetap pada tempatnya dan menjaga ketahanan air, seperti mengutip dari MacRumors, Selasa (02/07/2024).

Meskipun secara teori prosedur penggantian baterai baru yang dikembangkan Apple terdengar lebih sederhana, tetap disarankan agar pengguna mencari bantuan profesional untuk mengganti baterai iPhone dengan aman.

Metode penggantian baterai ini diprediksi akan debut pada salah satu model iPhone 16 yang dirilis tahun ini. Apple kemungkinan akan memperkenalkan teknologi ini pada semua varian iPhone 17 yang dirilis tahun depan.

Berita Terkait