Gadget

Oppo Find X8 Akan Usung Banyak Fitur iPhone

Oppo Find X8
Oppo Find X8 bakal punya banyak fitur iPhone. (screenshot @GSMarena.com)

PasundanEkspres - Seri Oppo Find X8 akan menjadi salah satu dari beberapa ponsel flagship Android yang dirilis pada akhir tahun ini, dan ponsel tersebut diperkirakan akan memiliki banyak kemiripan dengan iPhone.

Menurut informasi dari tipster Digital Chat Station melalui unggahan di Weibo, Oppo akan melengkapi Find X8 dengan teknologi pengisian daya nirkabel berbasis magnet, mirip dengan fitur MagSafe pada iPhone. Oppo juga dirumorkan akan merilis ekosistem aksesori dan pengisi daya yang memanfaatkan teknologi magnet ini, serupa dengan yang dilakukan oleh Apple.

Selain itu, rumor sebelumnya menyebutkan bahwa Oppo Find X8 akan meniru fitur Camera Control, yaitu tombol khusus untuk mengontrol kamera yang terdapat pada iPhone 16 series. Namun, versi Oppo dari fitur ini akan diberi nama Quick Button.

Foto prototipe Oppo Find X8 yang bocor di internet juga menunjukkan desain notch kamera depan berbentuk punch-hole. Menariknya, notch tersebut berubah menjadi lebih panjang menyerupai kapsul dan dapat menampilkan notifikasi, mirip dengan fitur Dynamic Island di iPhone.

Tidak hanya itu, Oppo Find X8 juga diperkirakan akan mengikuti jejak iPhone 16 series dengan menghadirkan bezel yang sangat tipis. Informasi ini bahkan telah dikonfirmasi oleh pendiri OnePlus dan Chief Product Officer Oppo, Pete Lau.

Dalam unggahannya di Twitter/X, Pete Lau memperlihatkan Oppo Find X8 yang diletakkan bersebelahan dengan iPhone 16. Foto tersebut fokus pada bezel bagian bawah kedua ponsel, dan jika diperhatikan secara detail, bezel bawah Oppo Find X8 tampak lebih tipis dibandingkan dengan bezel iPhone 16.

Tipster Ice Universe juga memberikan komentar terkait unggahan Lau, dengan klaim bahwa Oppo Find X8 akan memiliki bezel setipis 1,45 mm, menjadikannya ponsel dengan bezel paling tipis di pasaran saat peluncuran nanti.

Foto tersebut juga menunjukkan bahwa Oppo Find X8 akan memiliki layar datar, berbeda dengan model Find X7 yang menggunakan layar melengkung. Informasi ini sejalan dengan bocoran sebelumnya yang menyebutkan bahwa versi reguler Find X8 akan menggunakan layar datar, sementara Find X8 Pro akan tetap mempertahankan layar melengkung, seperti yang dikutip dari Android Authority pada Minggu (23/9/2024).

Oppo Find X8 juga dikabarkan akan menjadi salah satu ponsel Android pertama yang dilengkapi dengan chipset MediaTek Dimensity 9400. Rumor lainnya menyebutkan bahwa ponsel ini akan hadir dengan layar LTPO OLED berukuran 6,7 inci dengan resolusi FHD+ dan refresh rate 120Hz.

Selain itu, Oppo juga akan melengkapi ponsel ini dengan kamera utama 50 MP, kamera ultrawide, serta kamera periskop dengan kemampuan optical zoom 3x. Kapasitas baterainya sebesar 5.600 mAh dengan dukungan pengisian cepat 100W. Seri Oppo Find X8 dikabarkan akan diperkenalkan di Tiongkok pada Oktober mendatang.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua