Gadget

Apple Luncurkan AirPods 4, Yuk Intip Fitur Baru dan Harga Lengkapnya

Apple AirPods 4
Apple menghadirkan AirPods 4 bersamaan dengan peluncuran iPhone 16 Series. (screenshot @apple.com)

PasundanEkspres - Bersamaan dengan peluncuran seri iPhone 16, Apple memperkenalkan AirPods 4. Terdapat dua varian yang dirilis, yakni versi standar dan varian dengan fitur active noise cancellation (ANC).

"Dengan AirPods 4, pengguna dapat menikmati Peredam Kebisingan Aktif serta pengalaman audio paling canggih yang pernah ada dalam desain earbud terbuka," ujar John Ternus, Wakil Presiden Senior Apple untuk Rekayasa Perangkat Keras.

"Dilengkapi dengan chip H2, AirPods 4 menawarkan peningkatan signifikan dalam kualitas suara dan menghadirkan fitur-fitur pintar yang mengubah cara pengguna menjawab panggilan, berinteraksi dengan Siri, serta masih banyak lagi," tambahnya.

Spesifikasi

Apple menghadirkan desain baru pada AirPods 4 yang dirancang menggunakan alat pemodelan canggih seperti fotogrametri 3D dan topografi laser. Teknologi ini memetakan dan menganalisis ribuan bentuk telinga serta lebih dari 50 juta titik data individu untuk menciptakan desain yang lebih nyaman dan cocok bagi lebih banyak pengguna di seluruh dunia.

AirPods 4 dilengkapi arsitektur akustik baru, driver distorsi rendah, amplifier rentang dinamis tinggi, serta fitur Audio Spasial yang dipersonalisasi dengan pelacakan gerakan kepala dinamis untuk pengalaman media yang lebih imersif.

Dengan chip H2, AirPods 4 memiliki kemampuan Isolasi Suara yang menghasilkan kualitas panggilan lebih jernih dalam kondisi lingkungan apapun. Desain terbuka TWS ini juga mendukung Interaksi Siri yang memungkinkan pengguna merespons notifikasi hanya dengan mengangguk atau menggeleng secara lembut.

Selain itu, AirPods 4 dilengkapi sensor gaya pada batang yang memungkinkan pengguna memutar atau menjeda media, serta membisukan atau mengakhiri panggilan dengan menekan batang tersebut. Chip H2 juga meningkatkan pengalaman bermain game dengan latensi audio nirkabel yang rendah dan kualitas suara unggul saat berkomunikasi dengan pemain lain, termasuk dukungan audio 16-bit, 48kHz.

Untuk menambah kenyamanan, casing pengisian daya kini mendukung pengisian USB-C dengan volume 10% lebih kecil dari pendahulunya, hanya selebar 50 mm, namun mampu memberikan daya tahan baterai hingga 30 jam. Pengguna AirPods 4 dengan ANC juga dapat mengisi daya melalui pengisi daya Apple Watch atau pengisi daya bersertifikasi lainnya.

Fitur ANC pada AirPods 4 membantu mengurangi kebisingan lingkungan seperti mesin pesawat dan lalu lintas kota. Pengguna juga dapat memilih mode Transparansi untuk tetap menyadari lingkungan sekitar, atau memanfaatkan Audio Adaptif yang menggabungkan mode Transparansi secara dinamis.

Harga

AirPods 4 akan tersedia mulai 20 September di 58 negara, termasuk Indonesia dalam waktu dekat. Di Amerika Serikat, AirPods 4 dijual seharga USD 129 atau sekitar Rp 1,991 juta untuk versi standar, sedangkan versi ANC dibanderol USD 179 atau sekitar Rp 2,7 juta.

AirPods Max

AirPods Max hadir dengan lima warna baru, yaitu midnight, starlight, biru, jingga, dan ungu. Warna-warna tersebut dirancang untuk melengkapi produk Apple lainnya seperti Mac dan iPad. AirPods Max kini juga mendukung pengisian daya USB-C, menjadikannya lebih praktis untuk diisi ulang di rumah maupun saat bepergian.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua