Gadget

Asus ROG Ally X Bakal Melucur di Indonesia pada 22 Agustus, Berikut Spesifikasi dan Harga Lengkapnya

ROG Ally X
ROG Ally X bakal segera meluncur di Indonesia 22 Agustus mendatang. (screenshot @rog.asus.com)

PasundanEkspres - Setelah diperkenalkan pada ajang Computex 2024 di bulan Juni, Asus akan merilis ROG Ally X di Indonesia pada 22 Agustus. Berikut adalah spesifikasi dan harga yang berlaku di Tanah Air bagi mereka yang tertarik untuk membeli konsol game ini.

Spesifikasi Asus ROG Ally X

Asus ROG Ally X memiliki bobot yang lebih ringan 70 gram menjadi 678 gram. Perubahan lain yang mencolok terletak pada posisi dan ukuran sejumlah tombol.

"Kami mengubah tombol di bagian belakang menjadi lebih kecil dan mendalam. Ini agar pengguna tidak mudah menekan secara tidak sengaja, tetapi tetap mudah dijangkau oleh jari," ujar Riandanu Utomo, Technical PR Asus Indonesia di Jakarta, Senin (19/8/2024).

Joystick pada konsol ini telah ditingkatkan dengan modul yang lebih tahan lama dengan masa pakai hingga 5 juta siklus. Hal ini berkat penggunaan pegas yang lebih kaku, yang memberikan kurva respons yang lebih familiar.

D-Pad juga telah ditingkatkan untuk memberikan input delapan arah yang lebih presisi, sangat cocok untuk pertarungan dan game retro. Port XG Mobile telah digantikan oleh dua port USB-C, salah satunya kompatibel dengan Thunderbolt, memungkinkan pengguna untuk menggunakan dock pihak ketiga dan GPU eksternal.

Asus juga telah mengganti port XG Mobile dengan port USB-C. Akibatnya, ROG Ally kini memiliki dua port USB-C, salah satunya mendukung Thunderbolt, sehingga pengguna dapat menghubungkannya ke monitor atau GPU eksternal.

ROG Ally X tetap mengusung layar berukuran 7 inci dengan resolusi Full HD dan refresh rate 120Hz. Asus juga menyediakan dukungan kecerahan hingga 500 nits serta Dolby Vision.

Pada sektor performa, konsol ini ditenagai oleh AMD Ryzen Z1 Extreme dengan kecepatan clock hingga 5,1GHz.

Konsol ini juga dilengkapi iGPU RDNA 3 terintegrasi dengan 12 unit komputasi yang berjalan pada 2.800 MHz.

Asus menyematkan ROG Ally X dengan RAM LPDDR5X hingga 24 GB, yang memberikan kecepatan dan kapasitas yang lebih tinggi, sehingga langsung berdampak pada peningkatan performa gaming. Selain itu, terdapat slot M.2 2280 yang mendukung penyimpanan hingga 1 TB, dua kali lipat dari kapasitas model sebelumnya.

"ROG Ally X menghadirkan VRAM sebesar 8GB, sementara 16GB lainnya digunakan untuk menjalankan game dan aplikasi dengan lancar," ungkap Danu.

Sistem pendingin pada ROG Ally X dilengkapi dengan kipas baru yang lebih kecil namun dengan bilah 50% lebih banyak, yang meningkatkan aliran udara hingga 10%. Desain terowongan baru dan penambahan ventilasi ketiga membantu meningkatkan pembuangan panas, sehingga mampu menurunkan suhu panel hingga 6°C.

ROG Ally X dibekali dengan baterai berkapasitas 80Wh, yang merupakan dua kali lipat dari versi pertama.

Fitur lainnya termasuk Sinkronisasi Seamless, speaker ganda yang menghadap ke depan dengan dukungan Dolby Atmos, Armoury Crate (SE 1.5) yang telah diperbarui untuk penyesuaian perpustakaan game, serta opsi konektivitas yang mencakup WIFI 6E dan Bluetooth 5.2.

Harga Asus ROG Ally X

Asus telah menetapkan harga ROG Ally X di Indonesia sebesar Rp 13.999.000. Konsol ini dapat dibeli baik secara online maupun offline.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua