Gadget

Google Rilis Pixel 8a, Ponsel Unggulan dengan Harga Terjangkau!

Google Pixel 8a
Google Pixel 8a ponsel yang lebih terjangkau dari Pixel 8 dan 8 Pro. (screenshot Pixel 8a @google.store.com)

PasundanEkspres - Google mengumumkan peluncuran Pixel 8a dengan kejutan yang menyenangkan. Ponsel ini tidak diperkenalkan di AS, melainkan mengawali debutnya di India sebagai penerus dari Pixel 7a dengan beberapa peningkatan yang diperkenalkan.

Pixel 8a menampilkan peningkatan daya dengan menggunakan Google Tensor G3 SoC, yang sebelumnya telah digunakan dalam Pixel 8 dan 8 Pro, serta dilengkapi dengan chip keamanan Titan M2.

Pixel 8a dilengkapi dengan RAM LPDDR5x sebesar 8 GB dan tersedia dalam pilihan memori internal 128 GB dan 256 GB dengan jenis UFS 3.1. Layar Pixel 8a menggunakan panel OLED berukuran 6,1 inci dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate 120Hz, dengan tingkat kecerahan mencapai 2.000 nits, atau 40% lebih terang dibandingkan dengan Pixel 7a.

Sistem kamera ganda di bagian belakang Pixel 8a terdiri dari kamera utama 64MP f/1.89 dan lensa ultrawide 13MP f/2.2, sementara di bagian depan terdapat kamera 13MP f2.2. Semua kamera mampu merekam video 4K 30fps, dengan kamera belakang juga mampu merekam video 4K 60fps.

Google juga membekali ponsel ini dengan berbagai fitur fotografi, termasuk astrophotography timelapse, slow motion 240fps, fused video stabilization, dan berbagai fitur lainnya.

Pixel 8a memiliki baterai berkapasitas 4492mAh yang sedikit lebih besar dari pendahulunya, diklaim mampu mendukung penggunaan hingga 24 jam. Meskipun mendukung pengisian nirkabel, ponsel ini masih menggunakan fast charging 18W.

Selain itu, Pixel 8a juga memiliki sertifikasi IP67 untuk ketahanan terhadap debu dan air, serta dilengkapi dengan fitur lain seperti speaker stereo, sensor fingerprint di layar, WiFi 6, Bluetooth 5.3, NFC, dan dukungan eSIM.

Pixel 8a diluncurkan dengan Android 14, dan seperti ponsel Pixel lainnya, akan menerima pembaruan OS, keamanan, dan Feature Drop selama tujuh tahun. Google juga berjanji akan menyediakan beberapa fitur eksklusif seperti Circle to Search, Pixel Call Assist, Audio Emoji, dan Gemini.

Ponsel ini tersedia dalam empat pilihan warna, yaitu Bay, Aloe, Porcelain, dan Obsidian, dan dapat dipesan di India mulai tanggal 7 Mei, sementara di AS mulai tanggal 14 Mei. Harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan Pixel 8 dan 8 Pro, dengan harga Pixel 8a mulai dari USD 499 untuk versi 128 GB dan USD 559 untuk versi 256 GB.

Berita Terkait